Oknum Anggotanya Diduga Intimidasi Warga, Dansat Brimob DIY Minta Maaf

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:42 WIB
Mako Brimob Polda DIY
Mako Brimob Polda DIY. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta -

Tim Hukum Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Demokrasi beraudiensi dengan jajaran Satbrimob Polda DIY. Hal itu buntut dari insiden dugaan pelanggaran etik terhadap oknum yang diduga anggota Brimob Polda DIY ke Polda atas dugaan intimidasi dan perlakuan kekerasan kepada sejumlah pemuda.

Anggota tim Hukum Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Demokrasi Atqo Darmawan, mengatakan sebelum audiensi pada Selasa (27/10) malam, mereka telah melayangkan aduan ke Polda DIY atas insiden itu.

"Kami (telah) mendatangi Polda DIY mau meluruskan soal dugaan pelanggaran etik oknum diduga anggota Brimob, karena kami mendapati adanya aduan dari tiga pemuda yang tanpa tahu alasan yang jelas mereka ditangkap," kata Atqo Darmawan, saat dihubungi wartawan, Rabu (28/10/2020).

Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (24/10) sekitar pukul 21.00 WIB. Dia mengungkap ada tiga pemuda berinisial D, R, dan J yang ditangkap oleh tiga orang yang mengaku sebagai anggota Brimob.

D lebih dulu ditangkap di depan gang rumahnya. Saat itu, ia ditangkap tanpa ada keterangan apapun. KTP disita dan kemudian dibawa ke warung burjo di dekat Mako Brimob Baciro, Yogyakarta.

Di lokasi tersebut, ia mengklaim mendapat intimidasi oleh terduga anggota Brimob dan diinterogasi soal siapa admin akun Twitter @BandSidekick. Mereka mengatakan kepada akun Twitter tersebut telah menghina Brimob.

"Dengan terpaksa dan di bawah tekanan, D memberitahu ke terduga anggota Brimob bahwa selain dirinya, temannya yang bernama J dan R juga merupakan salah dua admin akun Twitter tersebut," ungkapnya.

Singkat cerita ketiganya mengaku mendapat tekanan dan intimidasi soal insiden demo penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja yang berujung ricuh di Malioboro pada 8 Oktober 2020 lalu. Mereka ditanyai terkait perusakan gedung dewan, pembakaran Restoran Legian, dan penghancuran pos polisi di sekitar kawasan Malioboro.

Selanjutnya
Halaman
1 2