8.000 Kendaraan Diprediksi Masuk Jateng Selama Libur Panjang

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:40 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Gerbang Tol Brebes Timur, Selasa (27/10/2020).
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Gerbang Tol Brebes Timur, Selasa (27/10/2020). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Polda Jateng memprediksi akan ada 8.000 kendaraan yang akan masuk ke wilayah Jawa Tengah saat libur panjang akhir Oktober pekan ini. Beberapa langkah antisipasi telah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan para pemudik ini.

"Prediksi saat ini 8.000 kendaraan (masuk ke Jateng saat libur panjang). 4.000 ke selatan 4.000 ke utara dan prediksinya mungkin nanti malam mulai berdatangan karena sekarang arus lalu lintas masih landai," ujar Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, peninjauan di Gerbang Tol Brebes Timur, Selasa (27/10/2020).

Untuk mengamankan libur cuti bersama nanti, Polda Jateng menerjunkan 1.700 personel polisi untuk berjaga di Brebes sampai Rembang. Angka tersebut sudah termasuk 37 patroli jalan raya (PJR) Polda yang bertanggung jawab melakukan pengamanan di tol.

"Di samping itu, Polres-polres jajaran melakukan kegiatan yang di luar tol itu sendiri," jelas Luthfi.

Selain itu, Polda Jateng juga mempunyai empat pos pengamanan yakni di Brexit, Kalikangkung, Banyumas, Rembang dan Brebes.

Luthfi menjelaskan Operasi Zebra Candi akan berlangsung dari 26 Oktober hingga 8 November 2020. Titik berat dari operasi tersebut yakni dalam rangka ikut serta memutus rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Tidak peduli siapapun itu pemudik yang masuk wilayah hukum Polda Jateng. Oleh karenanya, dari 17 rest area yang tersebar di tol khususnya yang masuk wilayah Polda Jateng, akan lakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid test. Kita bekerja sama dengan Gugus Tugas COVID-19. Termasuk pembatasan rest area," pungkasnya.

(sip/ams)