Jembatan Swafoto di Obwis Semarang Hanyut Diterjang Luapan Sungai

Akbar Hari Mukti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 12:30 WIB
Jembatan swafoto ambrol di Obwis Pesona Garda Semarang
Jembatan swafoto ambrol di Obwis Pesona Garda Semarang. (Foto: tangkapan layar video warga)
Kabupaten Semarang -

Sebuah jembatan di objek wisata Pesona Garda di Dawung, Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ambrol terkena luapan sungai. Jembatan bambu yang dipasang untuk spot swafoto pengunjung itu kemudian hanyut terbawa aliran sungai.

Kejadian tersebut terekam dalam sebuah video yang tersebar di sosial media. Tampak dalam video berdurasi 29 detik itu merekam saat-saat jembatan bambu di wisata Pesona Garda Kabupaten Semarang itu ambrol terbawa aliran sungai.

"Lho...lho... ambrol jembatan bambunya, mirip kapal," ujar perekam di video tersebut.

Dikonfirmasi detikcom, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto, membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan jembatan itu hanyut Senin (26/10) sore kemarin.

"Jembatan bambu tersebut hanyut kemarin sore karena derasnya luapan sungai setempat. Membuat jembatan itu tak kuat menahan derasnya sungai dan ambrol," kata Heru, Selasa (27/10/2020).

Dia menuturkan, jembatan yang ambrol itu bukan merupakan jembatan penyeberangan atau jembatan sebagai akses warga. Tetapi, jembatan bambu itu merupakan jembatan swafoto di tempat wisata Pesona Garda.

"Jembatan itu dari bambu dan dicat warna-warni untuk wisata. Biasanya untuk berswafoto para pengunjung tempat wisata," lanjutnya.

Meski tak ada korban dalam kejadian tersebut, Heru meminta masyarakat berhati-hati terhadap bencana alam. Termasuk di musim penghujan di mana debit air di sungai bisa sewaktu-waktu meninggi usai hujan deras.

"Meski jembatan itu bukan akses utama masyarakat menyeberang, tetap harus hati-hati apa lagi di musim penghujan air di sungai bisa bertambah dan meluap," paparnya.

(mbr/sip)