Diguyur Hujan Semalam, Kebumen Kembali Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 11:13 WIB
Banjir dan longsor melanda Kebumen, Selasa (27/10/2020).
Banjir dan longsor melanda Kebumen. Foto: Dok BPBD Kebumen
Kebumen -

Bencana susulan kembali melanda Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Puluhan desa diterjang banjir dan tanah longsor sejak semalam hingga pagi ini.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen sejak Senin (26/10) malam hingga Selasa (27/10/2020) pagi mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Kabupaten Kebumen, sedikitnya 36 desa dalam 10 Kecamatan terendam banjir, sedangkan longsor terjadi di 23 titik dalam 8 kecamatan.

"Rincian tersebut dari data yang masuk ke BPBD Kabupaten Kebumen sampai dengan pukul 09.30 WIB. Selain banjir juga ada laporan tanggul jebol serta pohon tumbang," kata Humas BPBD Kabupaten Kebumen, Heri Purwoto, ketika dihubungi detikcom, Selasa (27/10/2020).

Meski di sebagian wilayah banjir mulai surut, namun masih terdapat genangan air setinggi 1,2 meter di wilayah lain. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ratusan warga pun dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Banjir dan longsor melanda Kebumen, Selasa (27/10/2020).Banjir dan longsor melanda Kabupaten Kebumen, Selasa (27/10/2020). Foto: Dok BPBD Kebumen

"Untuk jumlah total (pengungsi) masih didata, sekarang masih proses evakuasi," imbuhnya.

Banjir dan longsor ini merupakan bencana susulan setelah pada Senin (26/10) kemarin terjadi bencana serupa. Berdasarkan update data terakhir hingga Senin (26/10) malam tadi, tercatat ada 31 desa dalam 10 kecamatan yang tergenang banjir dan 29 desa dalam 10 kecamatan yang diterjang tanah longsor.

Hingga saat ini, petugas BPBD Kebumen dibantu aparat TNI, Polri serta relawan masih terus melakukan penanganan wilayah terdampak bencana. Warga diimbau untuk tetap waspada karena curah hujan tinggi masih akan mengguyur Kabupaten Kebumen dan sekitarnya.

"Potensi hujan lebat masih akan terjadi ke depannya. Kami imbau warga untuk tetap waspada bencana banjir dan tanah longsor. Segera evakuasi mandiri jika ada potensi bencana dan segera melapor ke petugas," pungkasnya.

(sip/mbr)