Round-Up

Kata Keraton-Adik Sultan Yogya Soal Ular Melilit Pilar Ditafsir Tanda Suksesi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 10:36 WIB
ular melingkar di tiang bangsal keraton yogya
Ular melilit pilar di Keraton Yogyakarta. Foto: Istimewa

Diwawancara terpisah, adik Sri Sultan HB X, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, menilai sah-sah saja ada interpretasi terkait kemunculan ular yang melilit pilar bangsal di Keraton Yogyakarta.

"Siapa pun silakan menginterpretasikan tentang ular tersebut. Sudah biasa yang namanya ada sesuatu kejadian terkait dengan Keraton Yogyakarta pasti ada saja yang menginterpretasikan macam-macam. Itu sah-sah saja," ujarnya kepada detikcom melalui pesan singkat, Sabtu (24/10).

GBPH Prabukusumo lalu mencontohkan peristiwa alam yang terjadi dan dikaitkan dengan Keraton Yogyakarta. Salah satunya saat calon makam keluarga HB X di sebelah makam Imogiri longsor. Di mana longsoran itu persis berada pintu butulan (pintu antara) makam Imogiri lama dan baru.

Prabukusumo juga menilai ular yang melingkar di pilar settingan. Pasalnya tidak ada ular yang melingkar seperti itu.

Terlepas dari itu, Prabukusumo mengapresiasi tafsir maupun interpretasi terkait adanya ular yang melilit di pilar Bangsal Magangan Keraton Yogya itu.

"Kami juga sangat berterima kasih kepada siapapun yang memberikan komentar-komentar. Kami sangat menghargai hal itu, karena dengan adanya komentar-komentar tersebut, kami bisa berintrospeksi diri dan benar ada manfaatnya untuk bisa mengantisipasi sehingga bisa melakukan yang terbaik," katanya.

Halaman

(sip/sip)