Round-Up

Bisnis Berujung Tragedi Pembunuhan Sadis Yulia hingga Dibakar dalam Mobil

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 11:20 WIB
Polisi akhirnya mengungkap kasus pembunuhan sadis Yulia yang berawal dari kandang ayam hingga dibakar di dalam mobil, di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ini barbuk dan tersangkanya.
Tersangka Pembunuhan Sadis Yulia di Sukoharjo, Eko Prasetyo saat rilis di Polres Sukoharjo (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

Terkuak sudah sosok dibalik pembunuhan Yulia (42), warga Solo yang ditemukan terbakar dalam mobil di Sukoharjo. Pelaku adalah Eko Prasetyo (30) yang merupakan rekan bisnis ternak ayam bersama korban.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Komisaris Besar Wihastono mengatakan Yulia dibunuh menggunakan linggis. Lokasi pembunuhan berada di kandang ayam, sekitar 500 meter dari rumah pelaku, Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

"Korban dibunuh dengan dipukul linggis di kandang ayam," kata Wihastono, dalam keterangan yang diperoleh detikcom, Jumat (23/10/2020).

Polisi sebenarnya menangkap dua orang yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Yulia. Namun baru Eko Prasetyo yang ditetapkan sebagai tersangka.

Pembunuhan itu berawal dari janjian di kandang ayam. Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi mengatakan janjian itu terungkap dalam percakapan Yulia dengan anaknya melalui ponsel.

"Senin (19/10) chat dengan putrinya. Selasa (20/10) sore jam 17.00 WIB ditemui di kandang ayam untuk pengecekan ayam," kata Luthfi, di Mapolres Sukoharjo, Jumat (23/10).

Yulia ditemui tersangka di lokasi kandang ayam sekitar pukul 17.00 WIB. Selesai menengok kandang ayam dan saat akan masuk ke mobil, Yulia dipukul menggunakan linggis dari belakang sebanyak 2 kali. Korban lalu diseret dan dilakban.

Tak hanya itu, tersangka Eko juga meminta PIN ATM korban. Uang Rp 8 juta yang dibawa Yulia diambil pelaku, tak hanya itu pelaku juga mengambil uang Rp 15 juta dari ATM korban.

Yulia yang telah tewas lalu dimasukkan ke dalam mobil milik korban. Pelaku lalu membawa mobil korban menuju ke TKP kedua, di depan toko material bangunan di Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Korban lalu ditemukan oleh warga sekitar pukul 22.00 WIB. Pelaku ditangkap di rumahnya pada Rabu (21/10) pukul 03.00 WIB.

Luthfi menyebut kasus itu sebagai pembunuhan berencana. Sebab, pelaku sudah menyiapkan linggis di kandang ayam untuk membunuh Yulia.

"Alat itu (linggis) sudah disiapkan di kandang ayam. Artinya ada perencanaan di sana," terang Luthfi.

Motif pembunuhan itu tak lain karena masalah utang-piutang. Eko nekat membunuh Yulia karena urusan investasi ternak ayam dan juga utang pribadi.

"Pengembangan (utang pelaku ke korban) Rp 145 juta," ujar Direskrimum Polda Jateng Kombes Wihastono Yoga Pranoto kepada wartawan di kantornya, Kota Semarang Jumat (23/10).

"Investasi Rp 100 juta, utang pribadi Rp 45 juta," lanjutnya.

Atas perbuatannya Eko dijerat dengan pasal pembunuhan berencana, yaitu Pasal 340 KUHP junto Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan junto Pasal 187 KUHP tentang pembakaran. Pelaku terancam hukuman mati.

(bai/ams)