Pembunuhan Yulia Sudah Direncana, Pelaku Siapkan Linggis di Kandang Ayam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 16:27 WIB
Jumpa pers kasus pembunuhan Yulia yang mayatnya ditemukan di dalam mobil terbakar di Sukoharjo
Jumpa pers kasus pembunuhan Yulia yang mayatnya ditemukan dibakar dalam mobil di Sukoharjo, Jumat (23/10/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sukoharjo -

Polisi menetapkan kasus tewasnya Yulia (42), wanita yang mayatnya ditemukan di dalam mobil yang dibakar di Sukoharjo, sebagai pembunuhan berencana. Pelaku disebut sudah menyiapkan linggis di kandang ayam yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP).

"Alat itu (linggis) sudah disiapkan di kandang ayam. Artinya ada perencanaan di sana," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi di Mapolres Sukoharjo, Jumat (23/10/2020).

Korban dengan pelaku, Eko Prasetyo (30), sudah janjian bertemu di kandang ayam yang tak jauh dari rumah pelaku, Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, pada Selasa (20/10) pukul 17.00 WIB.

Saat Yulia hendak masuk mobil, pelaku memukulnya dengan linggis dua kali dan menyeretnya ke dalam kandang ayam. Sebelum meninggal, pelaku meminta PIN ATM korban dan mengambil sejumlah uang.

Pada malam harinya, korban yang dimasukkan ke dalam mobil, dibawa ke TKP kedua, depan toko material bangunan di Dukuh Cendono Baru RT 4/7 Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Korban baru ditemukan oleh warga sekitar pukul 22.00 WIB. Polisi kemudian menangkap pelaku di rumahnya pukul 03.00 WIB.

"Ditangkap di rumah tersangka. Dia tidak menyangka kita bisa cepat mengungkap. Ini atas kerja sama Labfor, Polres Sukoharjo, Jatanras Polda Jateng," kata Luthfi.

Pelaku dijerat dengan pasal pembunuhan berencana, yaitu Pasal 340 KUHP junto Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan junto Pasal 187 KUHP tentang pembakaran. Pelaku terancam hukuman mati.

"Pasalnya 340 KUHP, pembunuhan berencana dan/atau Pasal 365 dan/atau Pasal 187 KUHP tentang pembakaran," ujarnya.

(rih/sip)