Ini Dia Kandang Ayam yang Jadi Saksi Bisu Pembunuhan Sadis Yulia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 15:43 WIB
Kandang ayam lokasi pembunuhan Yulia, Sukoharjo, Jumat (23/10/2020).
Lokasi pembunuhan Yulia di Sukoharjo. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo -

Yulia (42), wanita yang mayatnya ditemukan terbakar di dalam mobil, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ternyata dihabisi di dalam kandang ayam. Pelaku adalah Eko Prasetyo (30), rekan bisnis Yulia.

Kandang ayam yang merupakan bisnis mereka berada di Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Lokasinya 500 meter dari rumah pelaku.

Pantauan detikcom, Jumat (23/10/2020) siang, jalur menuju lokasi kandang ayam melewati jalan kecil yang hanya bisa dilalui satu mobil. Lokasinya berada di kawasan persawahan dan sepi dari lalu-lalang.

Saat dimintai konfirmasi, Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Muhammad Alfan membenarkan kandang ayam tersebut merupakan TKP pembunuhan Yulia.

"Iya (TKP pembunuhan Yulia)," kata Alfan kepada detikcom melalui pesan singkat, siang ini.

Kembali melihat kandang ayam tersebut, tampak di sekitarnya ada beberapa bangunan kandang ayam dari bambu. Namun terlihat ada satu kandang yang dipasangi garis polisi.

Di dalam kandang yang digaris polisi, tampak beberapa barang, seperti pakan ayam, ember, hingga tandon air. Di bagian belakang, terdapat ayam-ayam ternak.

Ayah mertua yang tinggal bersama Eko, Kamino Cipto Wiyono, membenarkan Eko memiliki hubungan dengan Yulia. Mereka belum lama bekerja sama ternak ayam.

"Mereka (Yulia dan Eko) bisnis ternak ayam petelur. Belum lama, beberapa bulan," kata Kamino di tempat tinggalnya, hari ini.

Kamino pun mengaku pernah melihat Yulia. Namun Kamino baru sekali bertemu Yulia.

"Pernah ke sini. Main sekali," ujarnya.

Namun Kamino mengaku tidak tahu soal utang piutang mereka. Bahkan Kamino mengaku tidak tahu jika Eko menjadi tersangka pembunuhan Yulia.

"Ditangkap terkait apa tidak tahu. (Utang piutang) tidak tahu. Tiba-tiba ditangkap," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Wihastono memaparkan bahwa dari pemeriksaan terhadap terduga pelaku yang telah ditangkap, diketahui penyebab kematian korban bukan akibat terbakar namun karena hantaman linggis.

Pembunuhan dilakukan bukan di dalam mobil, tapi di kandang ayam. "Korban dibunuh dengan dipukul linggis di kandang ayam," jawab Wihastono.

Terungkap! Motif Pembunuhan Yulia dalam Mobil yang Dibakar di Sukoharjo:

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)