Menanggung Derita Bersama, Rasa Kebersamaan Itu Masih Ada

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 11:29 WIB
Berbagi sembako di Bendan Ngisor, Semarang. Untuk saling membantu di masa pandemi.
Berbagi sembako di Bendan Ngisor, Semarang. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Jam menunjukkan pukul 05.30 WIB, masih pagi, namun di belakang kantor Kelurahan Bendan Ngisor di Semarang, Jateng, sudah terlihat antrean rapi ibu-ibu yang berdiri di atas lembaran kardus untuk penanda jaga jarak. Mereka menunggu untuk mengambil bantuan sembako yang dikumpulkan oleh warga lain untuk membantu yang terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19.

Ibu-ibu berpakaian merah yang merupakan pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terlihat sibuk menerima sembako dari warga dan menggantungkannya di pagar belakang kantor kelurahan tepatnya di Jalan Sampangan Baru Gang 5.

Ketua RW 02 Kelurahan Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Akbari juga terlihat sesekali mengingatkan para ibu yang mengantre agar cuci tangan dan jaga jarak.

"Ibu, tolong jaga jarak ya. Ibu yang baru datang, bisa tolong cuci tangan dulu," kata Akbari kepada wartawan di lokasi, Jumat (23/10/2020).

Sembari menunggu bantuan dari 7 RT di RW 02 terkumpul, ibu-ibu PKK berbaju merah tadi mengecek isi plastik yang digantungkan. Jika ada yang terlalu sedikit, maka akan ditambah dengan yang isi plastiknya lebih banyak agar adil.

Tepat pukul 06.00 WIB, satu persatu warga yang sudah antre diperbolehkan mengambil satu plastik yang digantung. Salah seorang warga, Tasiah (52) mengaku cukup terbantu ada kegiatan tersebut.

"Ini sangat membantu sekali, tidak ada syaratnya, cuma cuci tangan dan antre," kata Tasiah sembari membawa pulang kresek warna merah.

Akbari, selaku ketua RW menjelaskan kegiatan tersebut memang diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi. Donaturnya yaitu juga dari warganya yang mampu. Isi paket bantuan pun beragam seperti sayur, beras, mi instan, telur, dan rencananya akan ditambah buah.

"Setiap Jumat dari warga memberikan bantuan seperti ini, ditujukan kepada warga yang kurang mampu. Jika masih sisa maka kita titipkan ke pengurus RT untuk dibagikan, mereka yang lebih paham mana warga kurang mampu," kata Akbari.

Simak video 'Mari Lakukan 3 Hal Wajib Berikut Agar Terhindar Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3