Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin, Gibran: PR-nya Masih Banyak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 19:49 WIB
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba di DPP PDIP Jakarta. Kedatangannya itu untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan Pilkada Solo.
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, di DPP PDIP Jakarta. (Foto: Grandyos Zafna)
Solo -

Tepat setahun lalu, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Apa kata putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini menjadi calon Wali Kota Solo?

Menurut Gibran, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan bersama. Utamanya ialah masalah pandemi virus Corona atau COVID-19 yang masih menunjukkan peningkatan kasus.

"PR-nya masih banyak. Ya anda tahu sendirilah. Salah satunya COVID-19 ini," kata Gibran saat melakukan blusukan online di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Selasa (20/10/2020).

Gibran berharap pandemi COVID-19 bisa segera berakhir. Terkait pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Gibran berharap bisa terus menunjukkan hal positif.

"Ya harapannya biar pandemi ini cepat selesai, kita bisa melakukan aktivitas seperti normal lagi. Ya biar bisa lebih baik lagi ke depannya," kata Gibran.

Namun Gibran enggan memberikan tanggapan lebih jauh mengenai kinerja Jokowi bersama Kabinet Indonesia Maju. Dia menyerahkan hal itu kepada masyarakat.

"Kalau saran dan kritik ya biar warga saja yang memberi saran dan kritik. Kalau dari saya nanti bias. Biar warga aja yang menilai," ujarnya.

Diketahui, tepat 20 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Pelantikan berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucap sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terlebih dahulu, barulah diikuti oleh Ma'ruf Amin.

(rih/mbr)