Hasil Swab 99 Orang Terkait Dangdutan Waket DPRD Tegal Keluar, Ini Hasilnya

Imam Suripto - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 22:24 WIB
Hand of scientist is holding a test-tube with positive blood test on CORONAVIRUS
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Kota Tegal -

Pasca pentas dangdut yang digelar oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, Dinas Kesehatan melalukan uji swab massal. Ada 99 orang yang terlibat dalam pentas dangdut ini menjalani uji swab. Hasil uji swab ini keluar hari ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo selaku penyelenggara pentas dangdut saat menemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengatakan, hasil laboratorium 99 orang ini dinyatakan negatif.

"Sesuai informasi dari Dinas Kesehatan, hasil terakhir semua non reaktif atau negatif. Karenanya, saya bersyukur hajatan yang digelar tidak menimbulkan kluster baru," ucap Wasmad, Senin (19/10/2020).

Pasca hajatan yang digelarnya, dirinya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan swab. Sehingga total ada 99 orang dari keluarga, panitia dan tamu.

"Dua hari setelah hajatan saya meminta kepada Dinas Kesehatan agar ada swab massal. Dimulai dari keluarga sebanyak 6 orang. Kami sengaja meminta adanya test karena masyarakat pastinya cemas sebab diduga ada potensi klaster baru," katanya.

Kemudian, kata Wasmad, Dinkes secara bertahap melakukan kembali test swab. Tahap kedua sebanyak 42 orang terdiri dari panitia dan tamu undangan. Selanjutnya, tahap ketiga dari sampel tamu yang diundang jumlah 51 orang.

"Sehingga total yang dilakukan test oleh dinas kesehatan sebanyak 99 orang," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi membenarkan hal tersebut. Laporan dari Dinas Kesehatan mengenai hasil pemeriksaan 99 orang yang terkait konser dangdut ini dinyatakan negatif.

"Betul. Hasilnya sudah keluar. 99 orang yang diperiksa negatif semua," tegas Jumadi.

Meski tidak ada yang positif, Wakil Walikota berpesan agar warga masyarakat tetap selalu waspada terhadap penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah terap mematuhi protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perhelatan musik dangdut digelar di Kota Tegal, Jawa Tengah, di tengah pandemi COVID-19 pada 23 September lalu di lapangan Tegal Selatan. Pentas musik ini dihadiri ribuan warga yang memenuhi lapangan.

(mbr/mbr)