Melihat Ramainya Bebersih Sungai Silekor, Tradisi Jelang Musim Hujan

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 11:53 WIB
Tradisi bersih-bersih sungai di Purworejo, 18/10/2020
Tradisi bersih-bersih sungai di Purworejo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Ribuan warga yang tinggal di aliran Sungai Silekor di Purworejo, Jawa Tengah melakukan tradisi bersih sungai mejelang musim penghujan. Tradisi tahunan itu untuk mencegah bencana banjir, sekaligus memanen ikan bersama dan mempererat tali silaturahmi.

Tradisi tahunan tersebut dilakukan oleh ribuan warga di sepanjang Sungai Silekor, Desa Semawung Daleman, Kecamatan Kutoarjo pada Minggu (18/10/2020) pagi. Selain membersihkan sampah di sungai untuk mencegah banjir, warga juga melakukan panen ikan dengan menangkapnya beramai-ramai.

Ikan-ikan yang hidup secara alami tersebut, sengaja tidak ditangkap selama satu tahun. Setelah tradisi tersebut digelar, barulah warga diperbolehkan untuk menangkapnya beramai-ramai.

Sebelum warga turun ke sungai, tutup pintu air dibuka sehingga air sungai menjadi dangkal. Warga pun mulai membersihkan sampah sekaligus menangkap ikan dengan berbagai alat seadanya seperti jaring, jala kecil bahkan dengan tangan kosong.

Tradisi yang sedianya dilaksanakan setiap bulan Agustus itu diundur hingga dua bulan lantaran pandemi COVID-19 dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. "Ini acara rutin bersih sungai tiap tahun sekali menjelang musim penghujan supaya tidak banjir," kata Warsito (66) warga setempat, di sela-sela menjaring ikan.

Warga yang ikut terjun ke sungai rata-rata bisa membawa pulang ikan seberat 5 kilogram. Di Sungai Silekor ini sendiri terdapat berbagai jenis ikan yang berkembang biak secara alami. "Ikannya ikan balar, sondol, encil, melem, lele, nila dan lain-lain. Ini dapat sekitar 5 Kg," imbuhnya.

Tradisi bersih-bersih sungai di Purworejo, 18/10/2020Tradisi bersih-bersih sungai di Purworejo, 18/10/2020 (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Warga pria-wanita, tua-muda beramai-ramai turun ke sungai sejak pagi. Mereka yang datang tidak hanya dari Purworejo saja, namun warga dari luar Kabupaten Purworejo juga tak mau kalah ikut meramaikan tradisi itu.

Tia (29) salah satu warga Tangerang, yang ikut hadir dalam tradisi bersih sungai itu mengaku senang. Selain bisa liburan dan mendapatkan hiburan gratis, ia juga bisa mendapatkan ikan.

"Ini tradisi bersih sungai, mumpung lagi liburan ini sama saudara nangkap ikan, di Tangerang nggak ada tradisi kayak gini adanya di kampung. Seneng banget ini sekalian liburan sama anak-anak, hiburan gratis," ucapnya.

(mbr/mbr)