Menebar Virus Cantelan, Bersatu Melawan Jahatnya Corona

Eko Susanto - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 11:36 WIB
Komunitas Cantelan Berbagi di Kota Magelang
Komunitas Cantelan Berbagi di Kota Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Edukasi kepada masyarakat tersebut, kata dia, dilakukan secara bertahap dan berproses. Termasuk mengedukasi warga agar antre jangan sampai menimbulkan kerumunan dan jaga jarak, terus setelah dikasih hand sanitizer langsung mengambil tidak boleh memilih-milih paketnya. Kemudian, setelah mengambil diminta langsung pulang.

"Kita mengajak warga setempat untuk aktif. Kalau warga setempat mereka mengenali, 'tadi kamu sudah ngambil, kalau misalnya kami sendiri nggak hafal, ponakan, mertuanya' Kita juga mengedukasi untuk satu keluarga, satu saja supaya lebih banyak yang dapat," ujarnya.

Menyinggung perihal paket Cantelan Berbagi yang telah dibagikan, kata dia, sejak awal hingga sekarang sudah sekitar 4.000 paket. Hal ini di luar yang dilangsungkan secara mandiri di 4 titik.

"Kalau di luar yang mandiri itu, kita sudah hampir 4.000 paket. Nah yang mandiri itu sudah ada belasan kali. Seperti di Tidar Campur, mereka itu sudah mandiri 17 atau 20 kali, misalnya. Begitu kita tinggal, mandiri.

Komunitas Cantelan Berbagi di Kota MagelangKomunitas Cantelan Berbagi di Kota Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Retno menambahkan, setelah Cantelan Berbagi selesai dilangsungkan terus memposting di media sosial. Hal ini sebagai salah satu bentuk mempertanggungjawabkan kepada para donatur, selain itu untuk mengabarkan kebaikan sehingga bisa menularkan akan berbagi.

"FB saya lengkap dari pertama sampai ini. Hari ini pasti saya posting, bukan mau ria, tapi sebagai pertanggungjawaban kepada para donatur dan juga istilah kita mengabarkan hal baik yang kita lakukan dengan harapan nulari," tuturnya.

Salah satu warga, Sutinah mengaku, Cantelan Berbagi sangat membantu warga. Terlebih jika tidak bisa belanja, dengan ini bisa membantu sekali.

"Ini membantu sekali, kalau tidak bisa belanja bisa membantu. Paket sayuran ini akan dimasak," ujarnya sambil membawa satu paket berisi sayuran, itu.

Halaman

(mbr/mbr)