Pasar Klewer Timur Rampung Dibangun, Pedagang Gelar Kirab Budaya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 11:50 WIB
Kirab Budaya Pedagang Pasar Klewer, Solo, Jumat (16/10/2020).
Kirab Budaya pedagang Pasar Klewer, Solo. Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pembangunan Pasar Klewer sisi timur, Kota Solo, telah rampung. Para pedagang menandai selesainya pembangunan dengan menggelar kirab budaya hari ini.

Sebanyak 70 pedagang tampak berbaris di titik awal, yakni di Alun-alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta, Jumat (16/10/2020). Lokasi tersebut merupakan pasar darurat bagi pedagang selama Pasar Klewer sisi timur dibangun.

Mereka kompak mengenakan pakaian bergaya Jawa, mulai dari batik, lurik hingga beskap. Sebagian peserta berjalan kaki dan sebagian menggunakan becak.

Mereka juga menyiapkan beberapa gunungan yang terdiri dari barang dagangan mereka. Beberapa ibu juga menggendong barang dagangan mereka dalam kirab itu.

Acara dibuka oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang memberangkatkan peserta kirab. Usai pemberangkatan, Rudy langsung meninggalkan lokasi.

Setelah berjalan sekitar 300 meter, gunungan kemudian diperebutkan saat sampai di Pasar Klewer. Barang dagangan berupa batik hingga pakaian dalam wanita jadi barang rebutan warga.

Melalui pengeras suara, panitia telah melarang masyarakat berkerumun, karena barang sebenarnya akan dibagikan. Namun warga tak menggubris dan tetap berebut.

Tak sampai lima menit barang langsung ludes. Warga kemudian langsung membubarkan diri.

Kirab Budaya Pedagang Pasar Klewer, Solo, Jumat (16/10/2020).Kirab Budaya Pedagang Pasar Klewer, Solo, Jumat (16/10/2020). Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi, mengatakan kegiatan hari ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan para pedagang Pasar Klewer sisi timur. Kali ini kirab dilakukan sebagai tanda mereka segera menempati pasar baru.

"Dulu pertama kita lakukan seremonial saat ground breaking. Sekarang karena pembangunan selesai kita lakukan kirab, tanda mereka boyongan dari pasar darurat ke pasar baru," kata Heru di Pasar Klewer.

Meski demikian, pedagang masih belum bisa memasukkan barang dagangan hari ini. Proses pemindahan barang akan diatur supaya tidak terjadi kerumunan di dalam pasar.

Kirab Budaya Pedagang Pasar Klewer, Solo, Jumat (16/10/2020).Kirab Budaya Pedagang Pasar Klewer, Solo, Jumat (16/10/2020). Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

"Dalam dua hari ke depan kita atur secara gantian mereka memasukkan barangnya. Kalau tidak diatur nanti mereka pasti berdesakan di dalam," ujar dia.

Seperti diketahui, Pasar Klewer sisi timur dibangun sejak Desember 2019 dengan anggaran Rp 54 miliar dari APBN. Dengan desain baru ini, sisi barat yang sudah lebih dahulu dibangun dan sisi timur telah menyatu sebagai Pasar Klewer.

Lokasi pasar berada di lantai semi-basement, berisi 504 kios. Sementara lantai atas merupakan tempat terbuka yang juga menjadi pintu masuk ke pasar sisi barat

(sip/sip)