4 Nakes dari 2 Puskesmas di Batang Positif Corona

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 17:30 WIB
Suasana di Puskesmas Batang II, Kabupaten Batang, Kamis (15/10/2020).
Suasana di Puskesmas Batang II, Kabupaten Batang, Kamis (15/10/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Empat orang tenaga kesehatan (nakes) di dua Puskesmas di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Dinas Kesehatan Batang menutup sementara layanan kesehatan di dua Puskesmas tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Batang, Mukhlasin, mengatakan empat nakes yang terpapar Corona ini berasal dari Puskesmas Batang I dan Puskemas Batang II, Kota Batang.

"Di Puskesmas Batang II yang positif tiga orang perawat, Kalau Puskesmas Batang I ada satu orang positif (COVID-19)," kata Mukhlasin kepada wartawan, Kamis (15/10/2020).

Dari hasil tracking, seorang perawat di Puskesmas Batang I yang terpapar Corona ini karena mempunyai riwayat kontak langsung dengan suaminya yang bekerja di Puskesmas Batang II.

"Dari empat orang yang terkonfirmasi COVID-19, hanya satu orang yang menjalani perawatan di rumah sakit, karena mengalami batuk pilek. Tiga lainnya tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri," katanya.

Dengan adanya nakes yang terpapar Corona itu, lanjut Mukhlasin, pihaknya sudah melakukan tracking, tes swab seluruh tenaga medis dan sterilisasi di dua Puskesmas tersebut. Selain itu, layanan dua Puskesmas tersebut untuk sementara dialihkan ke Puskesmas lainnya.

"Untuk Puskesmas Batang I karena hasil swab-nya baru diketahui hari ini, Kamis 15 Oktober, maka untuk sementara pelayanan tutup dua hari yaitu Jumat-Sabtu tanggal 16-17 Oktober," jelasnya.

Sedangkan untuk Puskesmas Batang II, pihaknya melakukan penutupan Senin (12/10) hingga Selasa (13/10).

"Puskesmas Batang II pelayanan sempat ditutup dua hari pada Senin-Selasa tanggal 12-13 kemarin, sekarang sudah mulai buka pelayanan lagi," ujar Mukhlasin.

Sementara itu, update perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Batang hingga hari ini, tercatat terdapat 497 orang terkonfirmasi COVID-19, 365 orang dinyatakan sembuh, 95 dirawat (12 di rumah sakit dan 83 isolasi mandiri) dan 37 meninggal.

(rih/sip)