Sedan Berstiker Paslon Pilbup Klaten Terbakar

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 18:42 WIB
Penampakan mobil berstiker paslon 01 Klaten yang terbakar saat lampu merah, Rabu (14/10/2020).
Penampakan mobil berstiker paslon 01 Klaten yang terbakar. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Mobil sedan berstiker pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Klaten bernomor 01 terbakar di jalan Yogya-Solo. Mobil itu terbakar saat tengah membawa orang sakit.

"Kemungkinan besar aki korseleting. Saya berhenti karena lampu merah langsung ada bunyi blukk! Seperti listrik," kata pengemudi mobil Triyono (40) saat ditemui detikcom di lokasi kejadian, Rabu (14/10/2020).

Peristiwa itu tepatnya terjadi di simpang empat RSI Klaten, Desa Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara. Triyono menerangkan peristiwa itu terjadi pukul 16.30 WIB saat akan mengantar saudaranya yang sakit ke rumah sakit. Namun, saat tiba di simpang empat RSI, lampu pengatur lalu lintas menyala merah sehingga dia berhenti.

"Saya berhenti dan mesin masih hidup. Tapi terdengar bunyi meledak, mungkin dari akinya," sambung Triyono.

Usai terdengar suara, muncul api dan asap dari bagian kap mesin di bagian depan. Dia mengaku langsung keluar dan ditolong warga.

"Saya bertiga sama yang sakit langsung keluar dan ditolong warga. Yang sakit diantar ke RSI dan kami tidak ada yang luka," jelas Triyono.

Mobil tersebut, kata Triyono, bermerek Timor buatan tahun 1997. Selama ini, menurutnya, mobilnya itu dalam kondisi baik dan soal stiker Paslon Pilkada sebatas simpatisan.

"Meskipun buatan 1997 tapi kondisinya baik. Ada strikernya tapi saya cuma simpatisan paslon," jelas Triyono.

Sementara itu, seorang saksi mata bernama Ari (42) mengaku mendengar suara ledakan saat mobil sedan itu berhenti di sisi kanan. Dia juga melihat kepulan asap dan api dari bagian mesin.

"Saya lihat asap dan api. Lalu saya teriaki pengemudi agar keluar sehingga semua selamat," jelas Ari pada detikcom di lokas kejadian.

Pantauan detikcom, mobil berpelat nomor D 1488 RC itu tampak hangus di bagian mesin. Jok bagian depan ikut meleleh terkena panas sedangkan bagian belakang utuh.

Polisi Satlantas Polres Klaten dan dua mobil pemadam kebakaran tampak dikerahkan ke lokasi. Arus kendaraan sempat tersendat sebentar untuk pemadaman api dan kini sudah kembali lancar.

Salah seorang petugas traffic accident analist (TAA) Satlantas Polres Klaten Aipda Daniel tak menjelaskan detail soal peristiwa tersebut. Pihaknya mengaku masih mengumpulkan bukti di lapangan.

"Itu baru ditanya-tanya (korbannya). Jadi kita belum tahu," jawab Daniel singkat pada wartawan.

Lihat juga video 'Rekaman CCTV Saat Gerombolan Brutal Rusak Mobil Eks Anggota DPR Wa Ode':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)