Kasus Positif Corona di Asrama Militer Solo Bertambah Jadi 11 Orang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 17:20 WIB
Mural bertema waspada penyebaran virus Corona hiasi jalan di Solo. Lukisan itu dibuat agar para pengguna jalan mematuhi protokol kesehatan guna cegah COVID-19
Mural bertema waspada penyebaran virus Corona hiasi jalan di Solo. (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

Gugus Tugas COVID-19 Solo menemukan tambahan tiga orang positif virus Corona dari hasil tracing kasus virus Corona di rumah susun Asrama Militer (Asmil) Solo. Dengan tambahan itu maka saat ini total menjadi 11 orang positif COVID-19 dari kasus rumah susun Asmil Solo.

"Sampai hari ini ada 11 orang terkonfirmasi COVID-19 (dari kasus rumah susun Asmil Solo)," kata Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (14/10/2020).

Tambahan tiga orang tersebut merupakan hasil pelacakan dari 70 kontak dekat delapan orang yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19. Mereka adalah keluarga dan tetangga.

"Sebelumnya kita tracing 70 orang. Hasilnya tiga orang positif, yaitu satu anak pasien positif dan dua orang tetangga," ungkap Ning, sapaannya.

Diberitakan sebelumnya, delapan orang penghuni rusun Asmil di Solo terpapar virus Corona atau COVID-19. Seluruh penghuni rusun tersebut kini harus menjalani isolasi mandiri.

Ketua Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan delapan orang itu merupakan total dalam beberapa hari terakhir. Setelah ditemukan satu kasus, lalu ditemukan kembali dua kasus pada Kamis (8/10) dan lima kasus pada Jumat (9/10).

"Total delapan orang positif. Itu terdiri dari keluarga dan tetangga. Yang di-tracing sampai 70-an orang," ujar Ahyani saat dijumpai di Balai Kota Solo, Jumat (9/10).

Saat itu, Komandan Kodim/0735 Surakarta Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji membenarkan delapan orang penghuni rusun Asrama Militer di Solo terpapar virus Corona. Namun dia memastikan telah melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi penularan lebih jauh.

"Iya betul (delapan warga asmil) positif. Tapi kita sudah lakukan isolasi mandiri kepada warga di rusun," kata Wiyata saat dihubungi wartawan, Jumat (9/10).

Sedangkan pasien yang positif COVID-19 sudah dirawat di RSUD Bung Karno (RSBK) Solo. Kontak dekat pasien positif pun sudah menjalani tes swab.

"Yang positif sudah di RSBK. Walaupun tanpa gejala, lebih baik diisolasi di sana. Kontak dekatnya sudah di-swab, lalu melakukan isolasi mandiri," jelas Wiyata.

Sementara itu, hingga hari ini, akumulasi kasus COVID-19 di Solo mencapai 832 orang positif. Rinciannya, 117 orang isolasi mandiri, 59 orang dirawat di rumah sakit, 625 orang sembuh dan 31 orang meninggal.

Tambah 4.127, Kasus Corona RI Jadi 344.749:

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)