Sekeluarga di Solo Positif Corona, 17 Orang Sekampung Diisolasi ke SD

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 18:37 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Sebanyak 17 orang warga satu kampung di Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, menjalani isolasi di sebuah SD di kawasan setempat. Mereka merupakan tetangga dan kerabat dari empat pasien positif virus Corona atau COVID-19.

Lurah Gandekan, Arik Ramadani, mengatakan awalnya hanya satu orang yang diketahui positif COVID-19. Dia adalah orang tua dari seorang tenaga kesehatan di kampung itu.

"Awalnya orang tuanya yang diketahui positif COVID-19. Kemudian di-tracing, nakes itu juga kena, kemudian anaknya nakes dan satu pembantu rumah tangga. Jadi ada empat yang positif," kata Arik saat dihubungi detikcom, Rabu (14/10/2020).

Empat orang itu telah dirawat di rumah sakit. Sementara hasil pelacakan lanjutan, ada 19 orang yang harus menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab.

"19 orang itu di-swab. Hasilnya dua orang negatif. Masih ada 17 orang yang diisolasi karena hasilnya belum keluar," ujar dia.

Sebanyak 17 orang itu terpaksa diisolasi di sekolahan karena tidak memungkinkan menjalani isolasi mandiri. Sebab mereka tinggal di perkampungan yang padat penduduk.

"Kita sepakati untuk isolasi di sekolahan saja yang tempatnya memungkinkan. Karena di kampung mereka sangat padat, bahkan kebanyakan menggunakan kamar mandi umum," katanya.

Dia memastikan kebutuhan logistik para warga yang dikarantina tercukupi. Warga sekitar juga turut membantu menyediakan sembako bagi tetangga mereka.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan kasus diketahui pertama kali pada 6 Oktober 2020. Dari satu orang pasien berkembang menjadi empat orang pasien.

"Awalnya memang dari satu keluarga. Untuk mencegah penularan maka kita isolasi warga sekitarnya. Inisiatif dari kelurahan ditempatkan di SD, karena memang tidak memungkinkan karantina mandiri," katanya.

Hingga Rabu hari ini, akumulasi kasus COVID-19 di Solo mencapai 832 orang positif. Rinciannya, 117 orang isolasi mandiri, 59 orang dirawat di rumah sakit, 625 orang sembuh dan 31 orang meninggal dunia.

Tambah 4.127, Kasus Corona RI Jadi 344.749:

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)