Minibus Rombongan Wisata Terguling di Karanganyar, 1 Tewas dan 12 Luka

Andika Tarmy - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 15:37 WIB
Kecelakaan minibus di Dusun Kangsi Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Rabu (14/10/2020).
Kecelakaan minibus di Dusun Kangsi Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Rabu (14/10/2020). (Foto: Istimewa)
Karanganyar -

Satu unit minibus yang mengangkut rombongan wisata asal Kabupaten Sukoharjo terguling di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecelakaan ini mengakibatkan satu korban tewas dan belasan lainnya luka-luka.

"Kejadian sekitar pukul 12.00 WIB. Dugaan awal minibus saat menurun tidak bisa mengubah giginya dari nol (netral), sehingga terjadi rem blong. Minibus kemudian menabrak gapura," ujar Kapolsek Jatiyoso, Karanganyar, Iptu Subarkah, kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

Subarkah menjelaskan, minibus bernomor polisi AD 1098 DB tersebut mengangkut 13 orang rombongan dari Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. Rombongan tersebut rencananya hendak berwisata menuju ke Tawangmangu, Karanganyar.

"Rombongan mau ke Tawangmangu untuk berwisata. Para korban ini masih satu keluarga," jelasnya.

Menurut Subarkah, peristiwa itu terjadi di jalan menurun di Dusun Kangsi, Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Warga sekitar yang mengetahui kecelakaan itu langsung mendatangi lokasi kejadian. Warga kemudian melapor polisi dan membantu mengevakuasi para korban.

"Rombongan berjumlah 13 orang. Satu orang meninggal dunia, sementara 12 lainnya menderita luka," ungkap Subarkah.

Korban meninggal, lanjutnya, adalah pengemudi minibus dan langsung dibawa ke RSUD Karanganyar. Sementara ke-12 korban luka dibawa ke Puskesmas terdekat.

"Korban sudah dievakuasi. Untuk kondisinya masih kami lakukan identifikasi," ujar Subarkah.

(rih/ams)