Deretan Karangan Bunga untuk Robby Sumampow, dari Tommy hingga Erick Thohir

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 15:18 WIB
Karangan bunga di rumah duka Robby Sumampow, Solo, Selasa (13/10/2020).
Karangan bunga di rumah duka Robby Sumampow, Solo, Selasa (13/10/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Jenazah pengusaha Robby Sumampow disemayamkan di rumah duka Thiong Ting, Jebres, Solo. Karangan bunga dari sejumlah tokoh hingga perusahaan terlihat memadati kawasan Thiong Ting.

Pantauan detikcom, Selasa (13/10/2020), tampak karangan bunga dari keluarga Cendana, yakni Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dan Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto. Kemudian ada pula karangan bunga dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Sejumlah pejabat TNI pun terlihat mengirimkan karangan bunga. Antara lain Komandan Koopsus TNI Mayjen Richard Tampubolon, Komandan Paspampres Mayjen Maruli Simanjuntak, Danjen Kopassus Mayjen Moh Hasan.

Selain itu, banyak pula perusahaan yang mengirimkan karangan bunga. Ada dari perbankan, rokok, hotel hingga rumah makan.

Terlihat ruang E Thiong Ting terus didatangi pelayat. Tampak penataan tempat menyemayamkan jenazah Robby dipenuhi warna putih, dilengkapi tanda salib dan foto almarhum.

Pengurus Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Sumartono Hadinoto mengatakan prosesi pemakaman Robby akan dilaksanakan dengan tata cara Katolik. Rencananya, jenazah dimakamkan Kamis (15/10) lusa.

"Sesuai budaya Tionghoa, biasanya di sini ambil 3-5 hari. Secara religi bisa kita lihat dilaksanakan secara Katolik. Rencana Kamis dimakamkan di Delingan, Karanganyar," kata Sumartono di Thiong Ting, Solo.

Karangan bunga di rumah duka Robby Sumampow, Solo, Selasa (13/10/2020).Karangan bunga di rumah duka Robby Sumampow, Solo, Selasa (13/10/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Namun keluarga masih belum menentukan jam pemakaman. Titik lokasi makam pun masih akan ditinjau keluarga.

"Jamnya masih didiskusikan. Lokasinya biasanya nanti keluarga ke sana memilih sendiri," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pengusaha ternama asal Kota Solo, Robby Sumampow (76), meninggal dunia pada Minggu (11/10) pukul 23.00 WIB. Pengusaha yang dikenal dekat dengan kalangan tokoh Orde Baru tersebut tutup usia di Singapura.

Semasa hidup, Robby dikenal sebagai pengusaha properti dan hiburan. Dia pernah mengelola Porkas, undian berhadiah yang dikelola secara legal di era pemerintahan Orde Baru saat itu.

(sip/rih)