Pemkab Bela Bupati Blora yang Viral Dangdutan: Masker Dilepas Saat Nyanyi

Febrian Chandra - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 14:06 WIB
Beredar video yang menampakkan Bupati Blora Djoko Nugroho sedang asyik bernyanyi sambil berjoget di tengah acara hajatan warga di desa Pilang, Kecamatan Randublatung. Djoko bernyanyi bersama ASN lain dengan seragam dinas dan tak menggunakan masker.
Tangkapan layar video viral Bupati Blora Djoko Nugroho nyanyi sambil joget tanpa masker (Foto: 20detik)
Blora -

Video Bupati Blora Djoko Nugroho tengah asyik bernyanyi dan berjoget di sebuah acara hajatan jadi sorotan karena melepas masker dan tidak menjaga jarak. Kepala Inspektorat Kabupaten Blora Kunto Aji memberikan pembelaan.

Kunto menuturkan Djoko tidak melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Alasannya, saat datang ke hajatan warga di Kecamatan Randublatung itu, Djoko mengenakan masker.

"Tidak melanggar, itu kan saat nyanyi (sehingga) maskernya dilepas. (Saat) Datang ke acara, beliau pakai masker kok," kata Kunto saat dihubungi detikcom, Selasa (13/10/2020).

Kunto menyebut acara kesenian itu digelar siang hari, sesuai dengan kebijakan baru hasil audiensi dengan kelompok seni dan budaya di Blora. Menurutnya Djoko tidak melanggar protokol kesehatan karena datang ke hajatan tersebut mengenakan masker.

"Tidak ada yang dilanggar, hanya saja saat tervideo beliau nyanyi maskernya dilepas," terang Kunto.

detikcom sudah menghubungi Kepala Satpol PP Joko Sulistyono untuk minta konfirmasi terkait viral Bupati Blora asyik bernyanyi dan joget tanpa protokol kesehatan. Namun hingga berita ini ditulis, Joko belum merespons. Saat didatangi ke kantornya, petugas di lokasi menyebut Joko sedang tidak berada di tempat.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Kesehatan, Henny Indriyanti, saat dihubungi menolak berkomentar terkait video tersebut. Henny beralasan pihaknya sedang berada di luar kota.

"Mohon maaf saya sedang di Madiun. Saya tidak ada video apa," jawab Henny singkat.

Sebelumnya diberitakan, video Bupati Blora Djoko Nugroho asyik bernyanyi dan berjoget viral di media sosial. Video berdurasi 30 detik itu menampilkan Djoko bernyanyi bersama seorang perempuan. Keduanya terlihat tanpa memakai masker.

Menengok ke belakang kasus serupa pernah menjerat Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora Pratikno dan sejumlah pegawainya. Kala itu, Pratikno kena sanksi menyapu jalanan karena berjoget dalam sebuah acara dan tampak tak mematuhi protokol kesehatan.

"Tadi kita sanksi menjalankan tugas sosial untuk menyapu di Jalan Kolonel Sunandar. Ada 15 pegawai mulai dari Kepala Dinasnya, Kabid hingga stafnya yang terbukti melanggar protokol kesehatan karena aksi berjoget tidak memakai masker," ujar Kepala Satpol PP Blora, Djoko Sulistiyono saat dihubungi detikcom, Rabu (16/9).

Djoko menjelaskan dasar sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan tersebut adalah Inpres No 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dan Peraturan Bupati (Perbup) No 55 tahun 2020. Sanksi bagi para pelanggar itu berupa kerja sosial hingga denda Rp 100 ribu.

Simak juga video 'Viral! Anggota Polisi Joget Dangdut di Polsek Gondang Tulungagung':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)