Polisi Amankan 95 Orang dari Demo Ricuh Malioboro, 36 di Antaranya Mahasiswa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 18:07 WIB
Polresta Yogyakarta mengamankan 95 orang buntut demo rusuh di kawasan Malioboro, Jumat (9/10/2020).
Polresta Yogyakarta mengamankan 95 orang buntut demo rusuh di kawasan Malioboro, Jumat (9/10/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Polisi mengamankan 95 orang terkait demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja yang berujung rusuh di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, kemarin. Satu dari 95 orang tersebut reaktif saat menjalani rapid test.

"Untuk mencegah kerusuhan berlanjut, polisi bersama masyarakat mengamankan massa demo pada saat dan setelahnya kejadian di beberapa tempat, yakni sekitar pospol ABA (pos polisi Abu Bakar Ali), sekitar DPRD DIY, sekitar parkiran ABA, Tugu, Pasar Sore, pos teteg dan Bumijo," kata Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta AKP Riko Sanjaya saat jumpa pers di Mapolresta Yogyakarta, Jumat (9/10/2020).

"Hasilnya, massa demo yang diamankan di Polresta (Yogyakarta) sebanyak 95 orang dengan rincian mahasiswa 36 orang, pelajar 32 orang, wiraswasta 16 orang dan pengangguran 11 orang," sambung Riko.

Setelah diamankan, mereka lantas menjalani rapid test baru dilanjutkan pemeriksaan lebih lanjut. Hasil dari rapid test tersebut, ada satu orang yang reaktif.

"Setelah diamankan ke Polresta, semua massa dilakukan rapid test dan satu dari 95 orang itu reaktif. Jadi untuk yang 94 orang itu non reaktif," katanya.

Oleh karena itu, polisi memulangkan satu orang tersebut untuk menjalani isolasi mandiri. Riko menyebut jika yang bersangkutan selanjutnya akan menjalani swab test.

"Karena itu kami memulangkan untuk melakukan isolasi mandiri dan ini juga informasi terakhir akan dilakukan swab untuk memastikannya," ucapnya.

Diketahui, aksi demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja di depan kantor DPRD DIY, Jalan Malioboro, berujung rusuh, Kamis (8/10). Fasilitas di kantor DPRD DIY, sejumlah kendaraan, dan halte bus Trans Jogja rusak. Bahkan restoran yang ada di sebelah gedung DPRD DIY terbakar.

(rih/sip)