Round-Up

7 Fakta Terungkap dari Air Laut Pantai di Jepara yang Mendadak Surut

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 08:39 WIB
Video yang menunjukkan air laut surut di Pantai Benteng Portugis, Jepara, Jawa Tengah hingga memperlihatkan pasir pantai membuat heboh di media sosial.
Air Laut Surut di Pantai Benteng Portugis, Jepara (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Video air laut di Pantai Benteng Portugis Kabupaten Jepara, Jawa Tengah viral di media sosial. Hal itu terjadi setelah di video itu memperlihatkan permukaan air pantai surut menampakkan pasir hingga tampak jelas Pulau Mandalika.

Dari penelusuran detikcom, ada sebanyak enam fakta terungkap dari kejadian tersebut. Berikut enam fakta itu:

1. Beredar video air laut di Pantai Benteng Portugis Jepara surut
Medsos dihebohkan dengan unggahan video memperlihat kondisi surutnya air laut di Pantai Benteng Portugis. Video itu berdurasi 15 detik.

Dari video itu tampak jelas hamparan pasir berwarna cokelat. Selain itu juga tampak Pulau Mandalika yang biasanya diakses menggunakan perahu pun seakan bisa didatangi hanya dengan berjalan.

Pada video itu juga ada suara pria yang menggambarkan kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara. Bahkan pria dalam video itu menyebutkan surutnya air itu bisa menjadi wisata baru.

2. Bukan penanda tsunami
Pemkab Jepara memastikan video viral air laut Pantai Benteng Portugis Jepara bukan tanda-tanda terjadi tsunami. Kejadian itu sudah biasa terjadi di Pantai Benteng Portugis.

"Jadi ini bukan tanda akan terjadi tsunami tapi fenomena alam biasa terjadi," kata Kabid Kominfo pada Dinas Kominfo Kabupaten Jepara, Wahyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (30/9).

3. Fenomena alam yang sering terjadi
Pemkab pun meminta warga tidak panik dengan unggahan video itu. Menurut dia bahwa kejadian itu sudah sering terjadi apalagi saat bulan Oktober sampai dengan November.

"Tapi secara umum begitulah karateristik pantai di Ujungwatu dan sekitaran Benteng Portugis, pantainya berlumpur. Nanti kalau awal tahun surut tidak sebesar itu. Bahkan di bulan April-Juni, air laut justru hampir menyentuh rumah warga di bantaran pantai," ujar dia.

4. Tidak ada kaitannya dengan gempa bumi
Fenomena itu tidak ada kaitannya dengan gempa bumi.

"Secara umum waktu terjadi surut air laut di Benteng Portugis sesuai dengan waktu pasang air laut dan tidak ada keterkaitan dengan gempa," kata Kepala BPBD Jepara, Kusmiyanto kepada detikcom, Rabu (30/9/).

Simak video 'Potensi Tsunami 20 Meter, Nelayan Sukabumi: Tetap Melaut-Waspada':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2