Polisi Periksa 18 Saksi Terkait Konser Dangdut Waket DPRD Kota Tegal

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:40 WIB
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna. (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Polisi memeriksa 18 saksi terkait acara konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo. Ada dua saksi ahli yang juga diperiksa polisi.

"Dilakukan penyelidikan, saksi sudah 18 orang, termasuk dua saksi ahli yaitu ahli pidana dan kesehatan," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar F Sutisna saat ditemui detikcom di Mapolda Jateng, Senin (28/9/2020).

Iskandar menyebut dari 18 saksi itu, ada juga dari internal kepolisian. Dia menyebut izin yang dikeluarkan kepolisian setempat sudah dievaluasi karena bukan izin untuk panggung besar.

"Sampai saat ini sudah periksa beberapa saksi baik internal atau eksternal," ujarnya.

Iskandar menyebut pihaknya masih memeriksa dan mendalami keterangan para saksi. Namun, dia memastikan kegiatan konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo itu melanggar UU nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Belum tetapkan tersangka," ujarnya.

Untuk diketahui, acara pentas dangdut itu digelar di Lapangan Desa Tegal Selatan, pada Rabu (23/9) lalu mulai pukul 09.00 WIB-15.00 WIB, dan dilanjutkan pentas dangdut pada pukul 20.00-01.00 WIB dini hari. Penonton yang datang cukup banyak hingga berdesakan dan banyak juga yang tidak bermasker.

Buntut dari konser dangdut ini, Kapolsek Tegal Kompol Joeharno dicopot dan diperiksa Propam. Wasmad Edi Susilo sebagai penyelenggara acara juga terancam pidana dan ditegur partai Golkar karena menggelar konser dangdut saat pandemi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal juga telah menggelar tes swab massal. Target tes swab ini mulai dari warga sekitar, hingga penyelenggara konser dangdut. Sampel swab selanjutnya dikirim ke Labkesda Jateng sedangkan hasil swab bisa diketahui 5-7 hari mendatang tergantung kesiapan labkesda provinsi.

Pemkot Tegal menargetkan ada 100 orang yang akan menjalani tes swab terkait konser dangdut itu.

(ams/sip)