Cawalkot Petahana Semarang Bakal Gaspol Blusukan dan Kampanye Virtual

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 15:06 WIB
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) saat menghadiri deklarasi kampanye damai Pilwalkot Semarang 2020, Sabtu (26/9/2020)
Paslon petahana Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) saat menghadiri deklarasi kampanye damai (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) bakal blusukan dan kampanye virtual selama Pilwalkot Semarang 2020. Pada hari pertama kampanye ini, pasangan petahana itu sowan ke para sesepuh.

"Mulai besok akan gaspol untuk blusukan, door to door, dan virtual. Mbak Ita nanti akan lebih banyak virtual," kata Hendi usai deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Kota Semarang di Hotel Gumaya, Semarang, Sabtu (26/9/2020).

Hendi mengaku sudah berbagi tugas dengan wakilnya Ita. Hendi sendiri mengaku mengincar blusukan ke daerah yang dekat dengan masyarakat.

"Kalau saya nanti kepengennya blusukan di tempat masyarakat dan yang sekiranya bisa jadi aspirasi kita untuk pembangunan Kota Semarang kalau semua lancar," jelas Hendi.

Hendi dan Ita pun tak mau menunda untuk berkampanye. Usai acara deklarasi kampanye damai ini, mereka langsung berkunjung ke para sesepuh dan tokoh media.

"Setelah ini ada kunjungan ke beberapa sesepuh dan pimred. Jadi hari ini masih cukup longgar," ujarnya.

Untuk diketahui, Hendi-Ita merupakan pasangan petahana yang otomatis harus cuti saat kampanye. Selama keduanya cuti, Pjs Kota Semarang bakal dijabat Kepala Bapenda Jateng Tavip Supriyanto.

Paslon petahana ini merupakan calon tunggal di Pilwalkot Semarang. Mereka maju dengan mengantongi dukungan semua parpol di Kota Semarang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan sesuai PKPU kampanye di masa pandemi COVID-19 memang banyak dibatasi. Henry menyebut pembatasan ini demi menjaga penyebaran virus Corona atau COVID-19 di masa pandemi.

"Kampanye akan berlangsung 26 September sampai 5 Desember. Yang jadi pembeda ada peraturan baru yang membatasi ruang gerak. Pembatasan bukan untuk menyusahkan tapi demi bukan hanya aman, lancar, sukses tapi juga membawa kesehatan," ujar Henry.

Simak juga video 'Mendagri Tegur 53 Calon Kepala Daerah Petahana Lantaran Bikin Kerumunan':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/ams)