Maju Pilbup Purworejo, Eks Ajudan Prabowo Punya Harta Rp 15,7 M

Sukma Indah Permana - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 13:48 WIB
Agustinus mantan pewira Kopassus diusung PDIP maju ke Pilkada Purworejo
Foto: Agustinus Susanto, mantan pewira Kopassus yang juga mantan ajudan Prabowo Subianto maju ke Pilkada Purworejo. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Yogyakarta -

KPU Purworejo resmi menetapkan tiga pasangan calon dalam Pilkada 2020. Salah satu yang berlaga di Pilbup Purworejo yakni mantan Perwira Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Agustinus Susanto yang juga merupakan mantan ajudan Prabowo Subianto.

Agustinus maju sebagai calon bupati berpasangan dengan Rahmad Kabuli. Sebagai calon kepala daerah, Agustinus telah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses pada situs elhkpn.kpk.go.id, Jumat (25/9/2020), Agustinus Susanto memiliki total harta kekayaan Rp 15,719 miliar.

Harta kekayaan itu dilaporkan pada 28 Agustus 2020. Dalam laporan tersebut tampak Agustinus memiliki harta dalam bentuk tanah dan bangunan di Bogor dengan total nilai Rp 10,3 miliar. Selanjutnya Agustinus juga memiliki satu unit mobil Toyota Kijang Innova 2.4 G/T tahun 2018 dengan nilai Rp 335 juta.

Selain itu, Agustinus juga memiliki harta bergerak senilai Rp 50 juta, kas dan setara kas Rp 5 miliar, dan harta lainnya Rp 31,2 juta. Sehingga total harta kekayaan Agustinus Susanto mencapai Rp 15.719.700.000.

Agustinus dan pasangannya Rahmad Kabuli Jarwinto mendapat dukungan dari PDIP, Gerindra dan PAN dengan total 17 kursi. Agustinus Susanto merupakan Purnawirawan Kopasus yang telah pensiun dini sejak 2012 pada usia 45 tahun dengan pangkat terakhir Kapten.

Agustinus sempat bercerita tentang awal perkenalannya dengan Prabowo pada tahun 1986.

"Tahun 86 saya bertemu pak Prabowo di Batalyon Infantri lintas udara 328. Dari tahun 86-92 saya jadi ajudannya pak Prabowo Subianto saat itu beliau sebagai komandan batalyon. Kemudian saya pindah ke Kopassus tahun 1992-2000 masih jadi ajudan pak Prabowo Subianto," kata Agustinus kepada detikcom di Purworejo, Sabtu (18/7).

Dia pernah bertugas di kesatuan Kopassus selama delapan tahun hingga akhirnya memilih pensiun dini pada 2012 karena sudah ancang-ancang untuk ikut dalam Pilkada 2020. Sementara, Rahmad Kabuli Jarwinto pasangannya, merupakan ketua PAC PDIP Kutoarjo.

Selain pasangan Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli, Pilkada Purworejo juga diikuti oleh dua pasangan calon lainnya yakni Kuswanto-Kusnomo dan Agus Bastian-Yuli Hastuti.

Kuswanto-Kusnomo diusung oleh 3 Parpol yakni PKB dengan 5 kursi, Partai Nasdem dengan 5 kursi dan PPP dengan 2 kursi sehingga pasangan tersebut memiliki total 12 kursi. Kuswanto merupakan perwira TNI dengan pangkat Kolonel, sedangkan Kusnomo anggota Polri dengan pangkat Aiptu.

Sedangkan bupati petahana Agus Bastian berpasangan dengan Yuli Hastuti diusung oleh empat parpol antara lain Partai Golkar, Demokrat dan PKS dengan total 16 kursi. Agus Bastian merupakan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah sedangkan Yuli Hastuti saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Purworejo.

(sip/ams)