Ini Motif Pembunuhan Pria yang Mayatnya Ditemukan di Sungai Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 21:21 WIB
Pelaku pembunuhan yang mayat korban ditemukan di Sungai Welo, Kabupaten Pekalongan, Kamis (24/9/2020).
Pelaku pembunuhan yang mayat korban ditemukan di Sungai Welo, Kabupaten Pekalongan, Kamis (24/9/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Sementara itu, MF mengaku telah melakukan pembunuhan karena terdesak ekonomi untuk menebus motornya yang telah digadaikan selama sebulan ini.

"Kepepet ekonomi, Pak. Buat kebutuhan. Saya menggadai motor Rp 2,2 juta sekitar satu bulan lebih belum saya ambil," aku MF yang dihadirkan dalam jumpa pers.

MF mengatakan dirinya nekat menghabisi korban dengan maksud mengambil motor milik korban untuk ditukar digadaikan. Antara pelaku dan korban merupakan teman kerja yakni di sebuah warung di Alun-alun Kota Pekalongan.

Akibat perbuatannya tersebut, pelaku dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 340 KUHP dan atau pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal yakni hukuman mati.

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat pria tanpa identitas ini ditemukan di Sungai Welo, Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Rabu (23/9) sekitar pukul 14.00 WIB. Mayat pria yang hanya menggunakan celana pendek warna gelap ini ditemukan berada di sela batu dekat turbin pembangkit listrik.

Korban diketahui merupakan warga Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

"Identitas sudah terungkap, setelah kerja keras tim inafis untuk mengidentifikasi korban. Korban bernama Itang Subechi, warga Kota Pekalongan," kata Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Akhwan Nadzirin saat dihubungi detikcom, Kamis (24/9).

Halaman

(rih/mbr)