Ini Motif Pembunuhan Pria yang Mayatnya Ditemukan di Sungai Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 21:21 WIB
Pelaku pembunuhan yang mayat korban ditemukan di Sungai Welo, Kabupaten Pekalongan, Kamis (24/9/2020).
Pelaku pembunuhan yang mayat korban ditemukan di Sungai Welo, Kabupaten Pekalongan, Kamis (24/9/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Polisi menangkap pelaku pembunuhan Itang Subechi (18) yang mayatnya ditemukan di Sungai Welo, Kabupaten Pekalongan. Motif pelaku MF alias Aji (31) adalah ingin menguasai motor korban, untuk ditukar dengan motor pelaku yang digadaikan senilai Rp 2,2 juta.

"Tersangka ini mempunyai beban ekonomi menggadaikan motor belum dibayar. Kemudian timbul niat jelek dengan mengajak korban untuk dikuasai motor milik korban," kata Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko saat jumpa pers di kantornya, Kamis (24/9/2020).

Kepada polisi, pelaku mengaku tidak punya uang untuk mengambil motornya yang digadaikan. Dia kemudian nekat menghabisi korban yang merupakan teman kerjanya itu untuk diambil motornya.

Aris memaparkan pengungkapan kasus ini. Polisi melakukan penyelidikan untuk mengungkap identitas korban.

"Dari autopsi tersebut kita dapatkan identitas dari korban, kemudian dari autopsi disimpulkan bahwa korban mendapatkan kekerasan benda tumpul dan benda tajam sebelum meninggal," ujarnya.

Tidak memakan waktu lama, polisi kemudian mengungkap pelaku pembunuhan.

"Tersangka kita amankan pada Kamis (24/9) sekitar pukul 03.00 WIB di rumahnya. Tersangka mengakui perbuatannya," kata Aris.

Menurut Aris, sebelum dieksekusi di Sungai Wello Petungkriyono pada Senin (21/9), pelaku mengajak korban untuk berkeliling. Dari Kota Pekalongan, Kabupaten Batang hingga ke lokasi Sungai Wello di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

"Kemudian di Petungkriyono inilah setelah ngobrol biasa, korban kepalanya dipukul. Sempat mendapatkan perlawanan sebelum akhirnya tersangka melakukan penusukan dengan gunting yang sebelumnya telah disiapkan," jelas Aris.

Selanjutnya
Halaman
1 2