1 ASN Dinas Kesehatan DIY Meninggal Positif Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 21:25 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Seorang aparatur sipil negara (ASN) Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meninggal usai terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. ASN ini meninggal dengan comorbid diabetes mellitus.

"Almarhum yang berjenis kelamin laki-laki dan berusia 50 tahun ini meninggal pada Rabu (23/9) pukul 09.57 WIB di RS Sardjito," kata Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji, kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (23/9/2020).

Ditya mengatakan almarhum sempat dirawat di rumah sakit. Kala itu kondisi almarhum terbilang ringan namun penyakit penyertanya makin memperburuk kondisi kesehatannya.

"Diketahui almarhum memiliki comorbid atau penyakit penyerta, yaitu diabetes mellitus," ucapnya.

Ditya menuturkan almarhum tertular dari kakaknya yang diduga sakit flu. Namun, setelah dicek laboratorium ternyata sang kakak dinyatakan positif Corona.

"Berdasarkan contact tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, almarhum tertular dari sang kakak. Berdasarkan tracing, pada tanggal 30 Agustus 2020 lalu almarhum sempat bepergian satu mobil dengan kakaknya yang pada saat itu sedang terkena flu," ucapnya.

"Karena itu dirinya (almarhum) melakukan tes swab di RS. Selanjutnya pada tanggal 8 September 2020 almarhum dinyatakan positif COVID-19. Namun setelah dirawat selama 16 hari kondisi almarhum semakin memburuk karena diabetes mellitus memperparah COVID-19nya," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2