Wabup Petahana Boyolali Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2020

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 18:19 WIB
M Said Hidayat-Wahyu Irawan ditetapkan sebagai calon tunggal di Pilkada Boyolali 2020.
M Said Hidayat-Wahyu Irawan ditetapkan sebagai calon tunggal di Pilkada Boyolali 2020. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2020. Pilbup Boyolali dipastikan hanya diikuti oleh satu pasangan calon atau calon tunggal melawan kotak kosong.

"Ya, KPU Kabupaten Boyolali per hari ini, tanggal 23 September 2020 sudah menetapkan calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Boyolali 2020 yaitu M Said Hidayat dan Wahyu Irawan," ujar Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin saat dihubungi wartawan, Rabu (23/9/2020).

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Boyolali itu ditetapkan KPU dalam rapat pleno internal. Menurut Ali, ada dua surat keputusan (SK) yang ditetapkan dalam rapat pleno hari ini.

Pertama, jelas dia, berdasarkan berita acara hasil penelitian administrasi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon, KPU Boyolali menetapkan M Said Hidayat dan Wahyu Irawan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Boyolali dalam Pilkada 2020.

"Yang kedua menetapkan bahwa pemilihan bupati dan wakil bupati Boyolali tahun 2020 itu hanya diikuti oleh satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu M Said Hidayat dan Wahyu Irawan. Itu yang kita tetapkan," jelasnya.

Setelah penetapan calon ini, lanjut Ali, tahapan selanjutnya yakni KPU Boyolali akan melakukan pengundian tata letak atau posisi gambar pasangan calon di surat suara nantinya. Pengundian tersebut akan dilakukan di KPU Boyolali pada Kamis (23/9) pagi dan dilakukan secara terbuka.