Bupati dan Wabup Petahana Bantul Dipastikan Bertarung di Pilkada 2020

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:58 WIB
Kantor KPU Bantul.
Kantor KPU Bantul. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

KPU Kabupaten Bantul menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di Pilkada Bantul 2020. Dua paslon itu adalah Bupati petahana Bantul Suharsono-Totok Sudarto dan Wakil Bupati (Wabup) petahana Bantul Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, hari ini pihaknya telah menggelar rapat pleno untuk menentukan paslon yang berlaga di Pilkada Bantul. Rapat tersebut berlangsung secara tertutup.

"Untuk dua paslon yang sebelumnya mendaftar dinyatakan lolos (menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Bantul 2020). Hal itu tertuang melalui keputusan KPU Bantul nomor 344 tertanggal 23 September," kata Didik saat dihubungi detikcom, Rabu (23/9/2020).

Keduanya, kata Didik, adalah pasangan Suharsono-Totok Sudarto yang diusung Gerindra, Golkar, PPP, PKS dan NasDem. Kemudian satunya adalah pasangan Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo yang diusung PDIP, PKB, PAN, Demokrat, dan dari non-legislatif Partai Gelora dan PSI.

Untuk diketahui, Suharsono saat ini masih menjabat sebagai Bupati Bantul. Sementara untuk Abdul Halim Muslih saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bantul.

Menyoal tahapan selanjutnya, Didik menyebut jika kedua paslon akan menjalani pengundian dan penetapan nomor urut paslon. Menurutnya, pengundian dan penetapan tersebut digelar secara terbatas guna menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Besok tanggal 24 (September) kita pleno pengundian dan penetapan nomor urut paslon," ucapnya.

Lihat juga video 'Said Aqil: PBNU Minta Pemerintah-DPR Tunda Pilkada Serentak!':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)