Resmi, Bupati Petahana Wonogiri Lawan Harjo di Pilkada 2020

Aris Arianto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 17:05 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi Pilkada (Andhika Akbaransyah)
Wonogiri -

Pilkada Wonogiri 2020 secara resmi bakal diikuti dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati. Kepastian didapat setelah KPU Wonogiri menggelar rapat pleno penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri, hari ini.

"Kami telah menetapkan dua bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri," kata Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi kepada wartawan melalui telepon, Rabu (23/9/2020).

Dalam rapat pleno di kantor sekretariat KPU setempat yang digelar secara tertutup tersebut, KPU Wonogiri menetapkan dua paslon. Yakni pasangan bupati petahana Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Josss) dan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo).

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi.Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi. Foto: Aris Arianto/detikcom

"Bakal pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno diusung empat partai politik, yakni PDIP, Golkar dan PAN dengan keterwakilan total 39 kursi di DPRD Wonogiri. Sementara pasangan Hartanto-Joko Purnomo diusung tiga partai politik, meliputi PKS, Gerindra, dan PKB dengan 11 kursi legislatif," jelas Toto.

Selanjutnya, kata dia, paslon yang telah ditetapkan akan mengikuti pengundian nomor urut. Tahapan ini rencananya digelar Kamis (24/9) di kantor KPU Wonogiri.

"Namun cara mengundinya seperti apa, apakah ada keunikan atau tidak, lihat saja besok," ujarnya.

Hal yang pasti dalam pelaksanaan pengundian nomor urut paslon, KPU menekankan kedua paslon tidak mengerahkan massa pendukung melebihi yang ditentukan oleh KPU Wonogiri, yakni sebanyak 15 orang.

"Ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan mengingat masih ada pagebluk COVID-19," kata Toto.

(rih/ams)