Bikin Kaget, Sumur di Brebes Ini Keluarkan Cairan Diduga Minyak

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:18 WIB
Bekas galian di dasar Sungai Siraja, Brebes, yang mengeluarkan cairan diduga minyak, Selasa (23/9/2020).
Bekas galian di dasar Sungai Siraja, Brebes, yang mengeluarkan cairan diduga minyak, Selasa (23/9/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Cairan diduga minyak muncul dari bekas galian di dasar sungai, Dukuh Tambakserang, Desa Tambakserang, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah. Cairan tersebut berwarna cokelat dan menyala ketika disulut api.

Kemunculan cairan diduga minyak ini pertama diketahui oleh tiga warga Dukuh Tambakserang. Saat itu, mereka sedang menggali sungai lantaran kesulitan mencari air bersih, Senin (21/9) kemarin.

Mereka menggali dasar sungai hingga kedalaman 1,5 meter. Menurut rencana, air yang tertampung di lubang galian akan dipompa dengan pompa listrik dan didistribusikan ke rumah.

Setelah dilakukan penggalian, dari dasar sungai ini keluar cairan berwarna coklat mengkilat. Cairan ini mengambang di atas air dan mengeluarkan aroma seperti minyak solar.

"Awalnya ada warga yang mencari sumber air di daerah aliran Sungai Siraja. Tapi ternyata setelah digali, dari dasar lubang keluar minyak berwarna kecokelatan dan mengkilat," kata Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto, Rabu (23/9/2020).

Untuk memastikan, cairan tersebut diambil dan disulut air. Hasilnya, cairan itu langsung terbakar.

Selanjutnya
Halaman
1 2