Istri Bupati Bakal Lawan Wabup Petahana di Pilkada Sleman 2020

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 13:26 WIB
Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi
Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi. (Foto: Jauh Hari/detikcom)
Sleman -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman resmi menetapkan pasangan calon (paslon) yang maju dalam Pilkada 2020. Total ada tiga paslon ditetapkan setelah melalui tahapan pendaftaran, di antaranya istri bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan wakil bupati petahana Sri Muslimatun.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi menyebut ketiga paslon ditetapkan melalui rapat pleno KPU Sleman. Penetapan ini tertuang dalam SK KPU Sleman No 54/HK.03.1-Kpt/3404/KPU-Kab/IX/2020.

"Kami melakukan rapat pleno penetapan calon, ketiganya memenuhi syarat lengkap dan sah sehingga kami menetapkan ketiganya sebagai pasangan calon dan SK sudah kami sampaikan," kata Trapsi saat ditemui di Kantor KPU Sleman, Rabu (23/9/2020).

Ketiga pasangan yang ditetapkan KPU hari ini yaitu pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa yang diusung oleh PDIP dan PAN. Pasangan ini mengantungi 21 kursi.

Kemudian pasangan Danang Wicaksana S-Agus Choliq yang diusung PKB, Gerindra, dan PPP. Pasangan ini mengantongi 15 kursi.

Terakhir pasangan Sri Muslimatun-Amin Purnama yang diusung PKS, Golkar, dan NasDem. Keduanya mengantongi 14 kursi.

Tahapan selanjutnya, kata Trapsi yaitu proses pengundian nomor urut paslon. Untuk itu, KPU mengimbau agar saat pengundian tidak ada mobilisasi massa.

"Besok dilakukan pengundian nomor urut dan kami mengimbau agar tidak ada mobilisasi pendukung sehingga tidak ada kerumunan massa," pintanya.

Simak juga video 'KPU Tetapkan Gibran-Teguh dan Bajo Paslon Pilkada Solo;':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)