Rumah Tua Milik Eks Bupati Gunungkidul Viral, Mentereng Pada Masanya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:48 WIB
Satu rumah tua di Padukuhan Pati, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul menjadi perbincangan di medsos. Penasaran?
Rumah tua di tengah kebun pohon jati Gunungkidul yang viral. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Satu unit rumah tua yang berada di Padukuhan Pati, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong jadi sorotan di media sosial. Rumah tua yang berada di tengah kebun jati ini ternyata milik Bupati ke-18 Gunungkidul Prawiro Suwignyo yang dulu disebut sebagai kepala daerah.

"Eyang saya dulu Kepala Daerah (Bupati) ke-18 Gunungkidul namanya Prawiro Suwignyo," ucap cucu Prawiro Suwignyo, Martanty Soenar Dewi saat dihubungi detikcom, Rabu (23/9/2020).

Martanty menjelaskan foto yang viral itu hanya merupakan bagian depan rumah. Menurutnya, ada bangunan di belakang rumah yang kini sudah roboh. Dia bercerita kala eyangnya menjabat sebagai Bupati Gunungkidul, rumah itu merupakan rumah paling mentereng di daerah tersebut.

"Zaman dulu rumah paling bagus di lingkungannya, dulu ada fasilitas umum badminton di depan, dan digunakan juga untuk main musik keroncong," tuturnya.

Namun, Martanty mengaku tak tahu pasti kapan rumah itu dibangun. Dia memperkirakan rumah itu dibangun sebelum Indonesia merdeka.

"Kalau sejak kapan berdirinya rumah itu saya kurang tahu, kemungkinan antara tahun 1920-1925," ucap Martanty.

Dia mengaku sempat beberapa tahun tinggal di rumah eyangnya itu. Hal itu karena weton atau penanggalan Jawa hari lahirnya sama dengan ibunya sehingga menurut kepercayaan Martanty tidak boleh tinggal bersama ibunya.

Selanjutnya
Halaman
1 2