Sudah 200 Lebih Karyawan Kesehatan di Sleman Kena Corona

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 15:38 WIB
Kampung Rawa Pasung RW 22, Kelurahan Kota Baru, Bekasi, Jawa Barat, disebut sebagai kampung siaga COVID-19. Kampung ini dipenuhi mural tentang bahaya Corona.
Kampung Rawa Pasung RW 22, Kelurahan Kota Baru, Bekasi, Jawa Barat, disebut sebagai kampung siaga COVID-19. Kampung ini dipenuhi mural tentang bahaya Corona. (Foto: Agung Pambudhy)
Sleman -

Sudah ratusan karyawan kesehatan terpapar virus Corona atau COVID-19 di Sleman. Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo menjelaskan mereka yang terpapar Corona bukan yang langsung menangani Corona.

"Ada 205 karyawan kesehatan meliputi tenaga kesehatan (nakes), administrasi, dokter, perawat yang terkena COVID-19. Jumlah itu dari kasus awal Corona," kata Joko saat ditemui di Sleman, Rabu (23/9/2020).

Joko menjelaskan ada peningkatan tren kasus positif di karyawan kesehatan. Pasalnya, sejak awal Agustus, total ada 137 karkes yang terkonfirmasi positif Corona. Angka itu didapatkan dari hasil screening di fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Sleman.

"Hasil screening dari faskes itu ada 137 karkes (karyawan kesehatan) positif. Ini hasil screening yang dimulai pada awal Agustus," ucapnya.

"Karkes itu ada di puskesmas, PKU yang cukup banyak, RSUD Sleman, Sardjito, di beberapa rumah sakit yang melakukan screening totalnya 137 itu dari awal Agustus," sambungnya.

Banyaknya karkes yang terkena Corona, menurut analisa yang dia lakukan kebanyakan mereka yang bertugas di luar poli yang menangani pasien COVID-19. Pasalnya, di Sleman 86,5 persen pasien terkonfirmasi positif asimtomatik.

Simak juga video 'Ma'ruf: Pandemi Tunjukkan Betapa Lemahnya Tata Kelola Kesehatan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2