Sah! Gibran-Teguh Bakal Lawan Bajo di Pilkada Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 13:03 WIB
Penetapan paslon peserta Pilkada Solo, Rabu (23/9/2020).
KPU Solo mengumumkan penetapan paslon Pilkada Solo 2020 (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

KPU Solo secara resmi menetapkan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) sebagai pasangan calon (paslon) Pilkada Solo. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno tertutup.

"Dalam pleno ini, kami menetapkan dua paslon dalam Pilkada Solo, yaitu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo. SK akan kami serahkan langsung kepada tim," kata Ketua KPU Solo Nurul Sutarti usai rapat pleno di kantor KPU Solo, Rabu (23/9/2020).

Rapat pleno ini dilakukan secara daring dan tidak menghadirkan kedua paslon. Hal ini sesuai dengan PKPU No 9 tahun 2020.

"Memang ada perubahan dari regulasi sebelumnya PKPU nomor 1 tahun 2020. Aturan yang baru, PKPU nomor 9 tahun 2020, Pasal 68 ayat 3, disebutkan ada pengumuman yang dilakukan lewat daring," ujarnya.

Sebelumnya, kedua paslon telah melengkapi persyaratan administrasi. Seluruh berkas administrasi disebut telah memenuhi syarat.

"Semua administrasi sudah memenuhi syarat. Termasuk syarat khusus untuk Pak Teguh yang anggota DPRD, meskipun masih dalam proses," ujar dia.

Selanjutnya, kedua paslon ini akan mengikuti pengambilan nomor urut. Tahapan tersebut akan digelar di The Sunan Hotel, Kamis (24/9) pukul 13.00 WIB.

"Kedua paslon harus menyerahkan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) maksimal besok, H-1 tahapan kampanye. Kampanye akan dimulai 26 September 2020," tutupnya.

KPU Tetapkan Gibran-Teguh dan Bajo Paslon Pilkada Solo:

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)