Tracing PKL Malioboro yang Meninggal COVID-19, Tambah Jadi 13 Orang

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 18:08 WIB
Jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (10/6/2019).
Jalan Malioboro (Foto: dok. detikcom)
Yogyakarta -

Pemkot Yogyakarta menyebut ada 2 penambahan kasus baru positif COVID-19 di Malioboro, dengan tambahan itu total hasil tracing dari PKL yang meninggal berstatus positif COVID-19 menjadi 13 orang. Kendati demikian, Pemkot belum menetapkan temuan itu sebagai klaster baru.

"Ada tambahan 2, dan itu dari tracing generasi pertama (kasus PKL meninggal)," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat ditemui wartawan di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Sabtu (19/9/2020).

Dengan tambahan tersebut, saat ini jumlah kasus positif COVID-19 dari Malioboro menjadi 13. Heroe melanjutkan, saat ini tracing masih berlangsung. Selain itu, pihaknya sedang melakukan swab test secara acak di kawasan Malioboro untuk melihat sejauh mana sebaran COVID-19 di Malioboro.

"Kita belum bisa sebut klaster, hari ini kita lakukan swab acak," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Yogyakarta menyebut ada tambahan 1 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Malioboro. Saat ini Pemkot tengah melakukan tracing apakah pedagang ini berkaitan dengan PKL yang meninggal berstatus COVID-19 ataukah masuk dalam kasus baru.

"Satunya lagi dari pedagang di Malioboro, yang saat ini sedang di tracing dari mana terpaparnya serta kontak eratnya. Apakah ada kontak erat dengan pedagang tas dan dompet, atau kontak dengan lainnya," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (15/9).

Terlebih, Heroe menyebut pedagang itu berasal dari zona 3 Malioboro. Saat ini pihaknya terus melakukan tracing kontak untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Terlepas dari hal tersebut, Heroe mengatakan bahwa saat ini ada temuan 11 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang berasal dari Malioboro. Jumlah tersebut terdiri dari seorang PKL yang meninggal, hasil tracing PKL yang meninggal sebanyak 9 orang dan 1 kasus baru hari ini.

"Saat ini ada 11 positif totalnya dengan pedagang awal (PKL meninggal berstatus positif COVID-19)," katanya.

Lihat juga video '1 Pedagang di Malioboro Meninggal, Hasil Tes Positif COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)