Hiu Paus yang Mati Terdampar di Pantai Congot Akhirnya Dikubur

Sayoto Ashwan - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 14:31 WIB
Hiu Paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo -- 19/9/2020
Proses penguburan hiu paus yang terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo. (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo -

Hiu Paus (richodon typus) yang ditemukan mati terdampar di Pantai Congot, Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (19/9/2020) akhirnya dikuburkan. Diduga hewan laut tersebut terseret gelombang besar laut dan kesulitan kembali ke tengah.

Perlu waktu untuk mengubur hiu paus dengan panjang 5,9 meter dan lebar kepala 1,7 meter ini. Bobotnya diperkirakan mencapai lebih dari 1 ton. Untuk mengevakuasi, harus menggunakan kawat seling dan ditarik menggunakan mobil agar menjauh dari bibir pantai.

"Ini kita kuburkan, karena dari tim dokter kita terbatas. Biasanya dilakukan nekrosis (pembedahan) dulu," kata Kepala Bidang kelautan Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Juarti, Sabtu (19/9/2020).

Proses penguburan melibatkan petugas SAR dibantu TNI/Polri, BKSDA dan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Sebelumnya hiu pemakan planton ini menjadi tontonan warga.

Juarti menengarai hiu paus yang terdampar itu masih berusia relatif muda. Untuk ukuran dewasa bisa mencapai 20 meter. Hius paus termasuk biota yang dilindungi, karena jumlahnya terbatas. "Ini biota laut yang dilindungi karena jumlahnya terbatas," katanya.

Dari hasil pemeriksaan fisik, tidak ditemukan adanya tanda-tanda luka. Kemungkinan karena faktor alam, yang disebabkan gelombang besar. Kemungkinan terseret sampai di tepi dan tidak bisa kembali ke tengah.

Hiu Paus Terdampar di Pantai Congot, Jadi Tontonan Warga:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)