Hiu Paus Terdampar Jadi Tontonan Gratis Pengunjung Pantai Congot

Sayoto Ashwan - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 10:51 WIB
Seekor hiu paus atau dikenal dengan warga dengan sebutan Naga Lintang terdampar di Pantai Congot, Temon, Kulon Progo, DIY, Sabtu (19/9/2020). Saat ditemukan hiu ini sudah dalam kondisi mati.
Hiu Paus terdampar di Pantai Congot. (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo -

Ratusan warga padati Pantai Congot, Kulon Progo, DIY untuk menyaksikan hiu paus yang mati terdampar. Tak sedikit dari mereka yang mengambil foto bersama dengan hewan laut tersebut.

Salah seorang wisatawan, Suroto mengaku datang ke Pantai Glagah untuk menyaksikan hiu paus yang terdampar di Pantai Congot tersebut. Dia mendengar kabar dari grup medsos, lalu mengajak anak dan cucunya untuk melihat hiu tersebut.

"Penasaran ingin melihat, sekalian wisata," kata Suroto warga Tayuban, Panjatan Kulon Progo, di lokasi, Sabtu (19/9/2020) pagi.

"Ukurannya cukup besar, jarang saya melihat ikan (Hiu Paus) sebesar ini," lanjutnya.

Wisatawan yang lain Sulastri mengaku sudah beberapa kali datang ke pantai ketika mendengar hiu terdampar tersebut. Dia bersama keluarganya langsung ke pantai untuk melihat.

"Hampir setiap ada hiu mati (terdampar), saya melihat," kata warga Temon ini.

Hiu yang oleh warga disebut Naga Lintang ini ukurannya masih terlihat kecil. Biasanya yang ditemukan mati terdampar kebih besar. "Awal tahun lalu juga ada, malah lebih besar," katanya.

Hiu paus itu terdampar sekitar pukul 06.00 WIB. Temuan ini pun dilaporkan ke Tim SAR dan selanjutnya diteruskan ke BKSDA DIY. Saat ini hiu nahas tersebut sudah dievakuasi menjauhi bibir pantai. Di Lokasi, tak sedikit pengunjung yang mengabadikan gambar bersama bangkai hiu tersebut.

Simak video 'Hiu Paus Terdampar di Pantai Congot, Jadi Tontonan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)