Populer di Jateng Pekan Ini

Kontroversi Pemobil Sendirian Tak Bermasker Disanksi Bebersih Kali

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 11:44 WIB
Razia masker di Solo, Rabu (16/9/2020).
Pemobil tak bermasker yang dihukum bersih-bersih sungai di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pemkot Solo sudah sepekan melaksanakan penegakan hukum terkait kedisiplinan mengenakan masker. Belakangan muncul kontroversi dalam penegakan disiplin penggunaan masker untuk pengemudi yang sendirian di mobil pribadi.

Para pengguna mobil merasa sudah aman di dalam mobil. Mereka kebanyakan juga tidak tahu jika masker wajib dipakai meskipun di dalam mobil.

Seperti pada operasi masker pada Rabu (16/9) siang di kawasan Stasiun Balapan Solo, sejumlah pengemudi mobil turut terjaring. Salah satunya seorang wanita muda yang sebenarnya mengenakan masker tetapi tak menutup hidung dan mulut secara sempurna.

Akibatnya, wanita tersebut dan para pelanggar lainnya harus turun ke Kali Pepe kawasan Kestalan, Banjarsari, Solo. Mereka harus membersihkan sungai yang airnya berwarna hitam.

Terlihat wanita tersebut mengenakan sepatu bot dan melindungi telapak tangannya dengan sarung tangan beberapa lapis. Sempat terjun ke sungai, wanita tersebut kemudian langsung naik karena tak mau membersihkan sungai.

"Saya pilih didenda saja tidak apa-apa," kata wanita tersebut.

Petugas kemudian menjelaskan kepadanya bahwa sanksi bagi pelanggar hanya satu, yaitu membersihkan sungai. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera.

"Tidak ada sanksi lain, karena ini tujuannya untuk memberikan efek jera," kata Iptu Ragil, salah satu petugas dalam operasi yustisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2