Hiu Paus 5 Meter Terdampar di Pantai Congot Kulon Progo

Sayoto Ashwan - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 09:06 WIB
Hiu Paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo -- 19/9/2020
Hiu Paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo -- 19/9/2020. (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo -

Seekor hiu paus atau dikenal dengan warga dengan sebutan Naga Lintang terdampar di Pantai Congot, Temon, Kulon Progo, DIY, Sabtu (19/9/2020). Saat ditemukan hiu ini sudah dalam kondisi mati.

"Tadi ada laporan dari warga sekitar Pukul 05.30 WIB. Saat kita cek hiu ini terdampar dalam kondisi mati," kata Anggota TIM SAR Satlinmas Korwil V Kulon Progo, Suryono.

Agar hiu ini tidak terbawa gelombang ke tengah, oleh Tim SAR bersama warga diikat menggunakan tali. Penemuan ini selanjutnya dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, untuk tindak lanjut penanganannya.

"Kita masih mrnunggu BKSDA ini akan dikubur atau bagaimana," katanya.

Hiu ini memiliki panjang sekitar lima meter dan lebar lebih daru satu meter. Diperkirakan bobotnya lebih dari satu ton.

Hiu Paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo -- 19/9/2020Hiu Paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo -- 19/9/2020 (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)

Beberapa bulan lalu, sekitar 400 meter dari lokasi kejadian juga sempat ditemukan ikan hiu yang sudah mati.

Salah seorang pengunjung, Witasari, mengaku sengaja datang untuk melihat hiu yang terdampar. Ternyata ukurannya sangat besar. "Tadi tahu dari medsos terus ke sini. Ternyata ukurannya cukup besar," katanya.

Hingga kini hiu paus ini menjadi tontonan warga. Puluhan warga berdatangan untuk menyaksikan ikan tersebut. Tidak sedikit mengabadikan dengan kamera handphone pribadinya.

Hiu Paus Terdampar di Pantai Congot, Jadi Tontonan Warga:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)