Ini Motif Pembunuhan Sadis Wanita di Kebun Tebu oleh Pacar Sendiri

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:56 WIB
Firman Listyo Budi, pelaku pembunuhan wanita yang ditemukan membusuk di kebun tebu di Magelang
Foto: Firman Listyo Budi, pelaku pembunuhan wanita yang ditemukan membusuk di kebun tebu di Magelang. (Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Kasus pembunuhan wanita berinisial TU (29) yang mayatnya ditemukan di kebun tebu Kabupaten Magelang akhirnya terungkap. Wanita itu ternyata dibunuh pacarnya, Firman Listyo Budi (23) gegara masalah utang.

"Motifnya adalah sakit hati karena utang piutang yang tidak dibayar antara korban dengan pelaku. Yang mana posisi pelaku adalah dekat dengan TKP tersebut," ujar Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba kepada wartawan dalam jumpa pers di kantornya, Rabbu (16/9/2020).

Dari pengakuan Firman, korban memiliki utang kepadanya sebesar Rp 3,5 juta pada 2019. Lalu Firman berniat menagih utang saat korban datang ke rumahnya Dusun Semampir, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, pada Kamis (3/9).

Hingga akhirnya Firman emosi dan membekap leher korban hingga tewas. Tak hanya membunuh, pelaku juga mengambil barang-barang milik pacarnya itu di antaranya perhiasan, ponsel hingga uang.

Firman kemudian membuang mayat korban ke kebun tebu yang berada di belakang rumahnya. Mayat korban baru ditemukan pada Senin (14/9) pagi. Polisi saat ini masih menyelidiki motif lain di balik pembunuhan ini.

"Kalau motif lain masih didalami, informasinya ada hubungan asmara, tapi kita tidak bisa membuktikan sampai ke sana," ujarnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 338 KUHP. Firman terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

(sip/ams)