Viral Ibu Melahirkan Sendiri di Puskesmas, Dinkes Jepara Minta Maaf

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 20:12 WIB
Tangkapan layar viral ibu melahirkan sendiri di Puskesmas Jepara
Foto: Tangkapan layar viral ibu melahirkan sendiri di Puskesmas Jepara yang kini sudah dihapus (dok. Istimewa)
Jepara -

Unggahan tentang seorang ibu di Jepara yang melahirkan sendiri tanpa bantuan tenaga kesehatan di Puskesmas bikin heboh di media sosial. Meski sudah berada di Puskesmas, ibu itu akhirnya melahirkan tanpa pertolongan bidan maupun dokter.

Unggahan itu di-posting oleh akun Facebook Nia Kumala Sari di grup MIK Jepara Official (Media Komunikasi Kota Jepara), Senin (14/9) malam. Pada siang hari tadi unggahan itu sudah mendapatkan banyak reaksi dan netizen, namun pada sore ini posting-an itu sudah dihapus.

Unggahan yang viral itu di-posting suami korban lewat akun Facebook Nia Kumala Sari. Diceritakan dia mengantarkan istrinya menjalani persalinan di Puskesmas Pakis Aji, Jepara. Setiba di Puskesmas, istrinya justru diminta menunggu tanpa diperiksa oleh bidan.

Pria itu menceritakan istrinya sudah berulang kali kesakitan karena akan melahirkan. Hingga akhirnya istrinya melahirkan tanpa pertolongan dari pihak Puskesmas dan hanya dibantu keluarga yang mengantar.

Dimintai konfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mundrikatun membenarkan soal kabar ini. Dia menyebut kedua pihak, Puskesmas Pakis Aji dan keluarga yang melahirkan, sudah mengakui kesalahan dan kebenarannya.

"Kami sudah melakukan pengecekan dan klarifikasi dengan kedua belah pihak bersama tim dari desa, Puskesmas termasuk bidan yang bersangkutan dan Kadinkes. Pada dasarnya kedua belah pihak sama-sama mengakui kebenarannya dan kesalahannya," kata Mundrikatun saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Selasa (15/9/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2