Ada Mahasiswa Kena Corona, 1 Fakultas di UIN Yogya Ditutup

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 13:58 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (7/3/2018).
UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. (Foto: dok detikcom)
Yogyakarta -

Salah seorang mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Pihak kampus kemudian mengambil langkah untuk menutup area fakultas tersebut selama tiga hari.

Keputusan penutupan itu tertuang dalam surat dengan Nomor : B-1144/Un.02/DU/HK.09.03/09/2020. Ketua Satgas COVID-19 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Munir membenarkan informasi di atas.

"Tiga hari kita (tutup) lakukan penyemprotan secara merata, Kamis masuk kembali sesuai jadwal. Tanggal 17 September mulai masuk lagi," kata Munir saat dihubungi wartawan, Senin (14/9/2020).

Dia menjelaskan kasus ini bermula saat mahasiswa yang positif itu memposting hasil swab-nya yang menunjukkan hasil positif. Berdasarkan postingan itu, kata Munir, hasil swab mahasiswa itu tertanggal 5 September 2020.

"Jadi kan informasi ini menjadi viral bermula dari yang bersangkutan posting di dalam statusnya adalah positif hasil swab tanggal 5 September di Jakarta. Domisilinya Jakarta dan dia mahasiswa Prodi llmu Al Qur'an dan Tafsir," jelasnya.

Dari postingan itu, pihaknya melakukan penelusuran dan diketahui bahwa yang bersangkutan terakhir ke kampus pada 23 Agustus. Sehingga setelah pihaknya berkomunikasi dengan pihak Puskesmas Depok, orang yang menjadi kontak erat tidak perlu menjalani rapid test sebab masih kategori masa inkubasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2