Bubarkan Balap Lari Liar di Jalanan, Satpol PP Kota Semarang Ajak Lucy

ADVERTISEMENT

Bubarkan Balap Lari Liar di Jalanan, Satpol PP Kota Semarang Ajak Lucy

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 10:05 WIB
Balap lari liar di jalanan Kota Semarang
Foto: Balap lari liar di jalanan Kota Semarang (dok. Istimewa)
Semarang -

Balap lari liar di jalan raya yang sedang marak ternyata juga ditemukan di Kota Semarang. Satpol PP pun membawa anjing Belgian malinois bernama Lucy untuk membubarkan kerumunan dari penonton balap lari liar itu.

"Setelah kami mendapat laporan dari masyarakat soal balap lari liar, kami langsung menerjukan tim kami ke lokasi," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (13/9/2020).

Fajar pun mengaku sengaja mengerahkan anjing terlatih K-9 milik Satpol PP untuk membubarkan kerumunan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik di masa pandemi COVID-19.

"Ya kita kan kalau mau menghalau anak-anak itu kan kalau pakai kontak fisik kan gimana, wong sama anak anak kita sendiri. Jadi kalau ada situsasi tertentu kita memang turunkan satu atau dua anjing. Kita punya memang punya unit K-9 yang turun kemarin jenis Belgian (malinois)," jelasnya.

Patroli ini berawal dari video balap lari liar di Jalan Pahlawan, Kota Semarang beredar di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (11/9) malam dan pindah ke Jalan Ahmad Yani pada Sabtu (12/9) dini hari, namun kala itu balap lari liar itu dibubarkan kepolisian.

Untuk mengantisipasi, Satpol PP Kota Semarang lalu siaga di Jalan Pahlawan. Namun, ternyata para pelari liar dan penontonnya pindah ke dekat GOR Tri Lomba Juang (TLJ). Pembubaran balap lari liar ini dilakukan karena memicu kerumunan dan banyak penonton yang tidak disiplin protokol kesehatan COVID-19.

"Di video itu kan rata-rata tidak bermasker, berkerumun, dan membuat macet," ujar Fajar.

Tonton juga 'Viral! Aksi Balap Lari Liar Saat PSBB di Serang':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT