Jakob Oetama Meninggal, Haedar Nashir Kehilangan Sosok Pemikir Visioner

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 16:58 WIB
Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Charolin Pebrianti)
Yogyakarta -

Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama meninggal dunia. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pun merasa kehilangan tokoh pemikir dan budayawan Indonesia.

"Ketika sudah mulai uzur, terakhir saya sempat mengunjungi beliau, memorinya tentang sejarah perjalanan bangsa masih kuat. Pemikiran tentang nilai-nilai kemanusiaan utama sangat mengemuka. Bangsa Indonesia kehilangan pemikir dan tokoh kebudayaan Indonesia berwawasan melintasi," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (9/9/2020).

Haedar Nashir mengenang Jakob Oetama pernah menjadi narasumber dalam sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 2002 di Denpasar, Bali. Kala itu, tema yang diangkat adalah dakwah kultural dan kebudayaan Indonesia masa depan.

Jakob Oetama juga berkontribusi besar untuk dunia pers di Indonesia. Haedar Nashir pun memuji sosok Jakob turut mencerdaskan bangsa lewat karyanya.

"Almarhum semasa hidupnya mengabdi penuh untuk kemajuan dunia pers Indonesia sekaligus menyuarakan pikiran-pikiran maju yang mencerdaskan bangsa," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2