3 Pasang Calon Tunggal Pilkada Jateng Belum Tes Kesehatan di Solo Hari Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 20:13 WIB
Direktur RS dr Moewardi Solo Cahyono Hadi
Foto: Direktur RS dr Moewardi Solo Cahyono Hadi (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Sebanyak 11 pasangan bakal calon kepala daerah dari 5 kota/kabupaten menjalani tes kesehatan di RSUD dr Moewardi (RSDM), Solo, hari ini. Masih ada tiga daerah yang belum menjalani tes kesehatan.

Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Grobogan. Ketiga daerah itu saat ini masih melaksanakan tahapan pendaftaran bakal calon karena diisi calon tunggal.

Direktur RSDM, Cahyono Hadi mengatakan calon peserta Pilkada di tiga daerah tersebut akan menjalani tes kesehatan pada periode kedua, yaitu 14 September 2020.

"Ada tiga daerah yang akan melaksanakan tes kesehatan pada periode kedua minggu depan. Dari Sragen, Boyolali, Grobogan," kata Cahyono di RSDM, Solo, Selasa (8/9/2020).

Cahyono mengaku tak tahu alasan tes kesehatan digelar dua periode. Namun, dia menyatakan pihak rumah sakit siap memfasilitasi para peserta Pilkada 2020 untuk tes kesehatan.

"Kalau alasan itu teknis di KPU. Intinya kita siap melakukan tes kesehatan," jelasnya.

Untuk diketahui, tiga daerah tersebut berpotensi akan memunculkan calon tunggal yang akan melawan kotak kosong. Mereka adalah M Said Hidayat-Wahyu Irawan di Boyolali, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto di Sragen dan Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto di Grobogan.

(ams/rih)