Daftar Pilkada, Wabup Petahana Siap Lawan Istri Bupati Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 16:25 WIB
Sri Muslimatun-Amin Purnama mendaftar Pilkada Sleman, Sabtu (5/9/2020).
Sri Muslimatun-Amin Purnama mendaftar Pilkada Sleman, Sabtu (5/9/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Wakil Bupati petahana Sleman Sri Muslimatun resmi mendaftar sebagai calon bupati di Pilkada Sleman hari ini. Muslimatun yang berpasangan dengan Amin Purnama (MuliA) siap menantang istri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang telah mendaftar di hari pertama kemarin.

Muslimatun-Amin diusung oleh Partai Golkar, PKS dan NasDem. Rombongan Muslimatun berangkat dari kantor DPD Golkar Sleman. Dengan berjalan kaki sejauh 150 meter, rombongan tiba di KPU Sleman pukul 13.19 WIB.

Sebelum masuk ke kantor KPU Sleman, mereka menjalankan protokol kesehatan dengan cuci tangan. Namun, rombongan ini tidak menerapkan salah satu protokol kesehatan yaitu menjaga jarak.

Proses pendaftaran untuk pasangan ini berlangsung sekitar dua jam. Berkas pendaftaran keduanya pun dinyatakan lengkap oleh KPU.

"Semuanya berjalan lancar, dokumen persyaratan pencalonan sudah lancar dinyatakan lengkap dan sah, kemudian dokumen syarat calon lengkap, dan dinyatakan diterima," kata Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi di kantor KPU Sleman, Sabtu (5/9/2020).

Trapsi menjelaskan, setelah proses pendaftaran akan ada tahapan selanjutnya. Untuk penetapan, dilakukan pada 23 September mendatang.

"Setelah ini kami lakukan proses verifikasi administrasi kemudian tanggal 8 dan 9 pemeriksaan kesehatan. Untuk penetapan tanggal 23 September," terangnya.

Sejauh ini, KPU telah menerima berkas pendaftaran untuk dua bapaslon. Yaitu pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa dan Sri Muslimatun-Amin Purnama.

"Dua pasangan yang sudah sah dan sudah kami terima," ujar Trapsi.

Ditemui usai mendaftar, Sri Muslimatun mengatakan siap berkompetisi dengan Kustini yang merupakan istri Bupati Sleman Sri Purnomo.

"Ini kan kompetisi, ya maju," kata Muslimatun.