Rektor UNY Resmi Daftar Pilkada Gunungkidul, Diusung 4 Parpol

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 13:49 WIB
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa.
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa. (Foto: dok. detikcom)
Gunungkidul -

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa resmi mendaftar Pilkada Gunungkidul 2020. Sutrisna mendaftar sebagai calon bupati berpasangan dengan calon wakil bupati Mahmud Ardi Widanto yang menjabat Ketua DPD PAN Bantul.

Pasangan Sutrisna-Ardi diusung PAN, PKS, Gerindra dan Demokrat. Tidak ada iring-iringan khusus dalam perjalanan pasangan akademisi dan politisi ini ke kantor KPU Gunungkidul.

Sutrisna Wibawa mengatakan, pendaftaran Pilkada hari ini berlangsung lancar. Menurutnya, berkas persyaratan dan pencalonan dinyatakan lengkap oleh KPU.

"Alhamdulillah pada siang hari ini semuanya lengkap dan ini tentu awal yang baik, dan saya mohon doanya untuk mengikuti proses ini (Pilkada Gunungkidul) secara santun dan penuh keakraban," kata Sutrisna saat ditemui wartawan di kantor KPU Gunungkidul, Sabtu (5/9/2020).

Rektor UNY Sutrisna Wibawa bersama Mahmud Ardi Widanto resmi mendaftar Pilkada Gunungkidul, Sabtu (5/9/2020).Rektor UNY Sutrisna Wibawa bersama Mahmud Ardi Widanto resmi mendaftar Pilkada Gunungkidul, Sabtu (5/9/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Menyoal target suara dalam Pilkada Gunungkidul, Sutrisna mengaku belum bisa memperkirakannya. Namun, dia memiliki target pribadi.

"Saya belum bisa menghitung tapi, kita punya modal 160 ribu (dukungan), ini modal kita dan kita akan terus bergerak. Yang jelas kalau target saya sendiri harus 50 persen plus 1," ucapnya.

Terkait jabatannya sebagai rektor UNY, Sutrisna mengaku siap melepasnya. Terlebih, apabila KPU telah menetapkan dirinya menjadi calon bupati untuk Pilkada 2020.

"Sesuai PP 17 tahun 2020, setelah penetapan saat itu juga langsung mundur. Jadi begitu ditetapkan otomatis mundur, saat ini tinggal menunggu ketetapan KPU yang baru diterbitkan tanggal 23 September," kata Sutrisna.

Tonton juga 'KPU Wajibkan Calon Kepala Daerah Jalani Swab Test Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)